Diresmikan Bulan Depan, Ini Kelebihan Waduk Pidekso Wonogiri

Waduk Pidekso yang berada di Desa Tukulrejo, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri mulai diisi air sejak 14 Okotober 2021, dan akan terus diisi setelah 111 hari atau sekitar 4 bulan.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan Waduk tersebut nantinya aka diresmikan Presiden Joko Widodo pada 21 Desember 2021 mendatang.

“Bapak Presiden Joko Widodo diagendakan akan meresmikan bendungan Desember mendatang. Semua properti akan dipersiapkan agar peresmian nanti lancar,” kata Joko Sutopo.

Waduk yang berada di lahan pertanian seluas 1.500 ha ini dibangun sejak tahun 2018. Pada awalnya waduk ini merupakan lahan untuk menampung hujan dan akan berubah menjadi lahan pertanian irigasi teknis.

Manfaat lain dari waduk ini yaitu bisa menjadi konservasi wisata hingga pemanfaatna air baku, dengan debit air 300 liter per detik, dan bisa mereduksi banjir.

Selain itu, waduk ini diklaim bisa tahan terhadap bencana, seperti gempa megathrust. Bendungan Pidekso sediri dibangun dengan menggunakan urukan batu yang lebih fleksibel dan kuat menahan gempa. Beda halnya dengan bendungan yang dibangun menggunakan beton yang harus dikaji lebih dalam lagi, karena lebih rigid atau kaku.

Bupati Wonogiri juga sudah berkomitmen untuk mengelola dan memanfaatkan sumber daya yang ada. Seluruh aset akan dijaga agar bisa meminimalkan terjadinya sedimentasi di Waduk Pidekso saat sudah beroperasi. (Dw.foto.dok.Humas Wonogiri)

Related posts