Dukcapil Lakukan Inovasi Terkait Pelayanan Publik

” Mengapa kami melakukan inovasi? Hal ini dikarenakan problem yang dihadapi dukcapil sudah berada di titik yang paling optimum. Dukcapil mengalami banyak masalah termasuk motivasi pegawai merosot. Selain itu kami ingin membangun standar yang sama. Kami juga ingin membangun branding dukcapil yang baru. Serta ada perbaikan layanan publik,” ujar Prof.Dr Zudan Arif Fakrullah.SH.Mh dirjen Administrasi kependudukan dan pencatatan sipil Kementerian Dalam Negeri saat menjadi pembicara di acara Penandatangan komitmen pembangunan Mal Pelayanan Publik di Aula Serba guna,Kantor Kementerian PAN RB pada Selasa (10/3/2020).

Zudan Arif juga menjelaskan bahwa setelah melakukan inovasi, dukcapil semakin bagus dan masalah bisa tertangani termasuk blanko e KTP.

Terkait dengan inovasi yang dilakukan dukcapil adalah layanan terintegrasi,penerapan tanda tangan elektronik,pemanfaatan data kependudukan,anjungan dukcapil mandiri,penerapan sptjm dalam akta kelahiran.Digitalisasi Adminduk, serta penerapan artificial intelligence adminduk.

Selain menerangkan inovasi,Zidan juga menjelaskan tentang Mal Pelayanan Publik.Zudan berharap dengan adanya semakin banyak Mal Pelayanan Publik di daerah maka semakin memudahkan pelayanan kepada masyarakat.(Hs.Foto:Hs)

Related posts