Rempah-Rempah Pencegah Bakteri dan Virus Corona

Jakarta,Gpriority-Wabah virus corona saat ini banyak ditakuti oleh masyarakat di dunia, apalagi di Indonesia sendiri sudah ada 6 orang yang positif mengidap Covid-19, setelah sebelumya pada Senin (2/3/2020) Indonesia mengumumkan kasus pertamanya yang berjumlah 2 orang. Hal ini tentunya menimbulkan kepanikan masyarakat akan tertularnya virus mematikan tersebut. Segala himbuan untuk mencegah virus corona mulai diterapkan seperti memakai masker untuk orang yang sakit, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, menghindari makanan mentah, dan lain sebagainya.

Menjaga daya tahan tubuh tetap kuat juga merupakan salah satu cara mencegah terinfeksi corona. Saat daya tahan tubuh melemah maka bakteri dan virus termasuk Covid-19 juga akan rentan masuk ke dalam tubuh. Menjaga sistem kekebalan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti istirahat yang cukup, minum air putih, mengonsumsi makanan yang bernutrisi seperti sayuran, buah-buahan, hingga rempah-rempah. Berikut makanan yang bisa menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai virus termasuk virus corona.

Jahe Merah
Jahe merah cukup populer dan banyak dicari masyarakat sebagai bahan minuman dan obat-obatan untuk menangkal corona. Walaupun belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan jahe merah efektif melawan virus corona, namun jahe merah dipercaya bisa mempertahankan sitem imun dan kekebalan tubuh serta membunuh bakteri jahat. Selain itu minyak esensial yang terkandung dari jahe merah juga bisa mengatasi batuk dan radang tenggorokan, meredakan sakit kepala, mengatasi masalah pencernaan, meningkatkan nafsu makan, menghangatkan badan, dan juga bisa menjaga kesehatan jantung.

Bawang Putih
Bawang putih memiliki memiliki sifat antimikroba, mengkonsumsi bawang putih mentah dan segar dipercaya efektif membunuh bakteri dan virus. Tidak hanya membunuh virus flu dan pilek biasa, bawang putih juga efektif menumbangkan berbagai bakteri gram positif dan gram negatif, jamur, parasite usus, dan ragi. WHO mengatakan bahwa mengonsumsi bawang putih bukan solusi pencegahan virus mematikan ini, meskipun begitu kita bisa lihat manfaat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Kunyit
Bumbu dapur yang masuk sebagai kelurga jahe ini dipercaya bisa mengobati kanker. Zat aktif curcumin dalam kunyit juga merupakan antioksidan yang mengandung efek anti radang, membantu mengobati sait maag, mengempiskan perut kembung, meredakan nyeri haid, menurunkan resiko penyakit jantung, dan masih banyak lagi.

Sitrus
Buah-buahan seperti jeruk, lemon, anggur yang memiliki kandungan vitamin C, bisa membantu melindungi tubuh dari virus influenza dan infeksi lainnya.

Apel
Buah yang kaya serat ini bisa membantu mengurangi inflamasi, dan jika secara rutin makan apel cenderung terhindar dari gejala asma. Selain itu mengonsumsi apel juga membuat kita kenyang lebih lama sehingga membantu menurunkan berat badan.

Bayam
Sayur ini kaya akan manfaatnya, selain bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan mendetoks racun dalam tubuh, nutrisi yang terkandung dalam sayur bayam ini juga mampu mengurangi radang, mencegah anemia, menjaga kesehatan jantung, melancarkan sirkulasi darah, mengatasi sembelit, menjaga kesehatan mata, dan masih banyak lagi.

Brokoli
Vitamin yang terkandung dalam brokoli seperti A, C, dan E, mineral, anti oksidan dan serat, mampu menjaga nutrisi dengan baik, dan dianjurkan memasak dengan benar. (Dwi)

Related posts