Eksotisme Danau Satonda

Bagi Anda yang ingin berwisata di tempat yang masih asri, alangkah tepatnya bila berwisata di Pulau Satonda yang terletak di Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Di Pulau ini Anda akan menemukan beragam eksotisme dan keindahan alam yang sangat menarik. Tidak hanya itu, di Satonda, Anda juga akan menemukan sebuah danau air asin yang sangat terkenal akan keindahan alamnya.

Danau tersebut adalah Danau Satonda. Danau Satonda merupakan danau purba yang terbentuk dari letusan gunung Satonda beribu silam lamanya.  Setelah terbentuk, danau sendiri awalnya berasa tawar, namun dikarenakan ada letusan gunung Satonda selanjutnya dan mengakibatkan tsunami mengantarkan air laut ke dalam danau, makanya hingga saat ini danau tersebut rasanya menjadi asin.

Tak hanya itu, yang membuat danau Satonda wajib dikunjungi adalah hadirnya pohon berbuah batu. Menurut laman resmi Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Dompu, batu-batu yang terdapat di ranting pohon merupakan batu yang sengaja digantungkan oleh wisatawan yang berkunjung ke sana. Para wisatawan yakin, batu yang digantung tersebut akan mengabulkan doa mereka.

Daya tarik lainnya adalah banyaknya material strimalit yang ada di dalam danau Satonda. Menurut penelitian, material strimalit dan biota laut yang ada di dalam danau merupakan hewan dan benda yang hanya ada sekitar 3,4 miliar tahun yang lalu dan tidak pernah ditemukan lagi hingga saat ini.

Untuk menuju ke sana, ada beberapa jalur alternatif yang dapat dilalui, seperti salah satunya memulai perjalanan dari Sumbawa Besar ke Desa Nangamiro dengan jarak tempuh sekitar 8 jam atau dari Dompu dengan jarak tempuh sekitar 5 jam. Setelah sampai di pelabuhan Nangamiro, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu  ke Pulau Satonda dengan jarak 1 jam lamanya. Alternatif lainnya adalah  dengan menggunakan paket perjalanan yang sudah disiapkan oleh biro perjalanan wisata.(Hs.Foto.Humas Dompu)

Related posts