Feng Shui Kesehatan Tubuh Berdasarkan Lima Elemen

Ilmu Feng Shui memiliki lima elemen yang mewakili kehidupan, yakni kayu, api, air, tanah, dan logam. Bangsa Tiongkok percaya, semua benda yang terdapat di alam semesta termasuk ke dalam salah satu dari lima unsur tersebut. Begitu juga dengan makanan.

Pakar Feng Shui Indonesia Yuliu Fang mengatakan kelima elemen harus seimbang di dalam tubuh. “Semuanya dikonsumsi secara moderat, tdak berlebihan dan tidak kekuarangan,” katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, masing-masing elemen memiliki rasa dan warna berbeda yang memengaruhi organ tubuh tertentu.

Elemen kayu memiliki rasa asam, warna hijau, dengan organ tuhuh liver, sel syaraf, mata, dan empedu. Elemen api memiliki rasa pahit, warna merah, orange, dan ungu dengan organ tubuh jantung, mata, darah, dan usus kecil.

Elemen tanah memiliki rasa manis, warna kuning, cokelat, dan krem dengan organ tubuh lambung, sistem pencernaan, pankreas, dan kulit. Elemen logam memiliki rasa pedas atau keras, warana putih, dengan organ tubuh pari-paru, dan sistem pernapasan. Elemen air memiliki rasa asin, wrna hitam, dan abu-abu, dengan organ tubuh ginjal, alat kelamin, rahim, dan telinga.

“Contohnya jika tubuh memiliki masalah pengelihatan di mata (elemen api), penyebabnya kekurangan vitamin A. Harus banyak mengonsumsi wortel atau makanan yang berwarna orange. Di samping itu, organ mata juga dipengaruhi oleh elemen kayu. Jadi harus mengonsumsi yang sifatnya asam seperti lemon, jeruk, dan lainnya,” pungkasnya. (VIA)

Related posts