Fientje Suebu, Perempuan Papua Pertama Dubes RI untuk Selandia Baru

Fientje Suebu resmi menjadi Duta Besar Indonesia untuk negara Selandia Baru, hal tersebut menjadinya sebagai perempuan pertama dari tanah Papua yang menjadi pejabat diplomatik untuk ditugaskan ke pemerintahan asing di Kawasan Pasifik.

Posisinya sebagai Dubes RI untuk Selandia Baru sangat strategis sebab Pemerintah tenga gencar melakukan Pasific Exposition untuk memperkenalkan perekonomian dan perdagangan Indonesia.

Selain menjadi Dubes RI, tugas Fientje juga merangkap untuk Samoa, Kerajaan Tonga, dan Kepulauan Cook dan Niue yang nantinya berkedudukan di Wellington

Terkait hal tersebut Gubernur Papua, Lukas Enambe pun mengucapkan selamat kepada Fientje atas kabar bak tersebut, dan menjadikannya sebagai langkah untuk memperkuat posisi Indonesia di wilayah Pasifik.

“Telah lama Ibu Fientje mendharmakan dirinya di Kementerian Luar Negeri, dan tentunya ini merupakan salah satu milestone terbaik dalam karir beliau. Selamat saya ucapkan, tentunya kami semua di Papua sangat bangga,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Provinsi Papua, Jery Yudianto juga berharap bahwa Fientje dapat menjadi dan memberikan warna baru bagi Indonesia.

“Demikian juga dengan event nasional diharapkan akan terus dilakukan, bahkan yang melibatkan regional khususnya Papua, akan terus bertambah,” ucapnya.

Sebelumnya, nama Fientje Suebu sempat diajukan bersama 30 nama calon dubes lainnya, kepada Presiden Joko Widodo pada Februari 2021 lalu. Kemudian Juli 2021, Fientje Suebu dan lainnya, menjalani proses uji kelayakan dan kepatuhan calon Dubes RI untuk negara sahabat. Hingga akhirnya, kini terpilih sebagai Dubes RI untuk Selandia Baru. (Dw.foto.dok.Pribadi Fientje Suebu)

Related posts