Kementan Dorong Pertanian Sumut Melek Teknologi

Sumut,Gpriority-Pertanian menjadi salah satu sektor yang dirambah oleh teknologi dan digitalisasi.

Untuk itulah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menekankan pentingnya pelaku pertanian khususnya di daerah Sumatera Utara untuk memperbarui pengetahuan dengan melek teknologi. “Penerapan teknologi dalam pertanian tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, kita harus bisa beradaptasi dan juga menerapkan teknologi dalam menjalankan usaha di sektor pertanian,” katanya saat memberikan sambutan dalam sebuah forum di Medan.

Lebih lanjut dikatakan Mentan SYL,”Bekerja harus nyata, dan dibuktikan di lapangan. Di masa pandemi, yang bisa eksis hanya sektor pertanian. Buktinya, PDB pertanian positif, ekspor naik 15,79 persen.”

Sementara itu Dirjen PSP Kementerian Pertanian, Ali Jamil dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk mencapai ketahanan pangan, pertanian pada saat ini harus mencapai tujuan maju, mandiri, dan modern. “Pertanian kini harus terkomputerisasi. Karena, banyak sekali alat-alat penunjang pertanian yang sudah canggih serba otomatis. Salah satu contohnya adalah smartphone. Di smartphone banyak sekali aplikasi dan pengetahuan mengenai pertanian. Inilah yang harus dimanfaatkan dengan baik oleh para petani di Indonesia umumnya dan Sumut khususnya,” jelas Ali Jamil.

Ali berharap dengan adanya pertemuan ini bisa membuat pelaku pertanian di Sumut melek teknologi.(Hs.Foto.Istimewa)

Related posts