Franchise and License Expo Indonesia 2022 Launching Edisi ke-19 di bulan November

Jakarta,GPriority.co.id – Penyelenggara Panorama Media mengumumkan peluncuran dua pameran dalam segmen bisnis yang bertajuk Franchise and License Expo Indonesia (FLEI) dan Retail and Solution Expo Indonesia (RSEI) pada bulan November mendatang.

Pada edisi ke-18 di bulan Juni lalu, membuktikan bahwa sektor bisnis tetap menjadi incaran para pelaku usaha. Antusiasme pelaku waralaba baik dalam negeri maupun mancanegara melihat potensi pangsa pasar Indonesia.

Gelaran pameran FLEI 2022 International Series edisi ke-19 nantinya akan berdampak positif bagi pelaku waralaba lokal untuk menginspirasi menembus pasar ASEAN.

Ketua Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI), Tri Raharjo mengungkapkan bahwa waralaba mampu melewati pandemi lebih baik dibandingkan dengan sejumlah usaha bisnis independen.

“Dari setiap kesulitan senantiasa diikuti dengan datangnya kesempatan. Terbukti secara historis memang Waralaba selalu pulih dengan baik dari setiap terjadinya penurunan ekonomi,” kata Tri Raharjo dalam presentasinya di Launching FLEI Expo yang diadakan di Senayan Park, Jakarta, pada Kamis (18/8/2022).

Selain itu, Ketua Komite Tetap Kadin Indonesia bidang Franchise, Lisensi & Networking Marketing, Levita G. Supit mengaku bangga dengan kenyataan bahwa Waralaba yang tersebar dapat mengatasi dampak buruk akibat pandemi.

“Waralaba bereaksi cepat untuk mengatasi dampak buruk pandemi dengan ide dan inovasi baru, seperti misalnya waralaba kebugaran menawarkan kelas online atau waralaba pendidikan menawarkan kelas online,” kata Levita dalam kesempatan yang sama.

Dia menambahkan bahwa waralaba paling banyak yang bermunculan adalah waralaba ritel yang mengembangkan platform online. Bukan hanya mampu bertahan hidup dalam krisis di masa pandemi, tetapi juga membuat usaha menjadi berkembang.

“Platform online mampu memanfaatkan sosial media untuk menjangkau konsumen yang lebih luas, menjadi content provider bagi Marketplace untuk memanfaatkan aplikasi dan layanan antar yang terintegrasi dengan promosi semakin memastikan jangkauan perluasan pasar yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.” Tambahnya.

Acara ini digelar dengan mengusung tema “Limitless Opportunities” yang menegaskan bahwa FLEI Edisi ke-19 menyatakan optimisme kuat.

Acara FLEI 2022 edisi ke-19 merupakan bentuk kerja sama antara Panorama Media dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) dan Perhimpunan Waralaba & Lisensi Indonesia (WALI). Selain itu, tiga kementerian juga turut mendukung acara ini diantaranya Kemendag, Kemenkop UKM, dan Kemenparekraf. (Hn.)