Gandeng LAN RI, Pemkab Morowali Gelar Ceramah Umum Penguatan Kapasitas ASN

Jakarta, GPriority.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali menggelar Ceramah Umum bertajuk “Penyelenggaraan Pemerintah, Pembangunan, dan Pelayanan Kemasyarakatan yang Memiliki Nilai-Nilai Dasar sebagai Core Values ASN Berakhlak”, di Caffe Bungku Beach Morowali, Desa Tofuti Kecamatan Bungku Tengah, Kamis (27/6) lalu.

Kegiatan ini diinisasi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Morowali dengan menggandeng Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI KMP Makassar.

Dalam sambutannya, Sekda Morowali, Yusman Mahbub, menyampaikan pemikirannya tentang perkembangan dan kemajuan Morowali. Menurut Yusman, kemajuan ini berkat kepemimpinan yang semakin baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Siapa yang menunjukkan kemanfaatan akan menerima pengakuan di tingkat nasional, baik dalam merawat infrastruktur maupun pelayanan publik,” kata Yusman Mahbub dikutip di Jakarta, Senin (1/7).

Disamping itu, Yusman mengatakan, pentingnya Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Alumni untuk terus belajar dan mengadopsi konsep Merdeka Belajar. Dia menyampaikan harapannya agar Morowali dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif, tidak hanya di tingkat lokal tetapi juga nasional.

 “Kepada negara-negara lain, kita ingin menunjukkan bahwa Morowali mampu bersaing dan memberikan kontribusi positif. Kita harus terus berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan yang ada,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapus Latbang LAN RI KMP Makassar, Dr. Andi Taufik, M.Si mengatakan terkait metode dalam kepemimpinan harus didasarkan pada sikap belajar yang terus-menerus.

“karena kepemimpinan yang efektif tidak hanya mengandalkan pengalaman masa lalu, tetapi juga memanfaatkan pembelajaran untuk menghadapi tantangan masa kini dan masa depan,” tuturnya.

Andi berharap, lewat kegiatan ini dapat menginspirasi seluruh jajaran pemerintah Morowali untuk lebih berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik, serta segera diimplementasikan untuk mencapai visi Morowali sebagai lumbung data dan pusat inovasi yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.

Sebagai informasi, acara dilanjutkan diskusi mendalam tentang penerapan nilai-nilai dasar sebagai inti dari budaya pelayanan publik yang berkualitas, yang menjadi landasan ASN Berakhlak dan pengukuhan pengurus alumni PKN Tkt II LAN RI Makassar serta penyerahan cendera mata dari Pemkab Morowali kepada Kapus Latbang LAN RI Makassar.

Hadir dalam acara tersebut, Kapus Latbang LAN RI KMP Makassar, Dr. Andi Taufik, M.Si, Sekertaris Daerah (Sekda) Morowali, Drs. Yusman Mahbub, M.si, Widyaiswara LAN RI Makassar, Nurwahyudianti, SS.,MHR.IR dan M. Yunus, S.IP.,S.Psi.,M.Si, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), unsur forkopimda, Insan Pers dan tamu undangan lainnya.

Foto: DPMPTSP Morowali