Ganjar Bentuk Satgas TKDN, Tingkatkan Produk Lokal di Jateng

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggelar kegiatan Sosialisasi Program P3DN (Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri) pada pengadaan barang dan jasa pemerintah di Hotel Gumaya, Semarang, Kamis (4/11/21).

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membentuk tim Satgas TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri), guna mendorong dan meningkatkan produk lokal yang semakin berkualitas.

“Sertifikat TKDN menjadi penting, kita tahu sebenarnya produk-produk Indonesia itu certified atau tidak. Dengan sertifikasi kita tahu kualitas, setelah itu kita tarik ke siapa yang bisa menggunakan atau memanfaatkan ini,” katanya.

Pemerintah juga akan berperan sebagai pemegang kendali, agar terjadi percepatan dalam penyerapan produk dari industri-industri yang sudah tersertifikasi. Tak lupa Ganjar mengingatkan pentingnya produk yang sudah tersertifikasi TKDN agar dimasukkan ke e-katalog. Sehingga, saat pemerintah baik pusat maupun daerah belanja, alih-alih menggunakan produk asing mereka bisa langsung memilih produk lokal.

“Harapan kita setelah acara tadi, kita harapkan segera dibentuk satgas TKDN seluruh Jawa Tengah. Nanti saya minta, saya perintahkan semuanya, agar kemudian bisa melakukan percepatan,” ujarnya.

Gubernur juga berpesan agar nantinya Satgas TKDN yang dibentuk benar-benar melayani perusahaan atau masyarakat yang memproses TKDN. Pelayanan tidak sekadar pengurusan, namun juga konseling. (Dw.foto.dok.Humas Jateng)

Related posts