Gubernur Lampung Sabet Penghargaan Produksi Padi Tertinggi

Kementerian Pertanian memberikan penghargaan kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, atas capaiannya meraih peringkat satu Kategori Provinsi dengan Peningkatan Produksi Padi Tertinggi Tahun 2019-2020.

Penghargaan diterima Gubernur Arinal dari Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin didampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta Pusat, Senin (13/09/2021). Tercantum dalam Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor : 465 / Kpts / KP. 590 / M / 08 / 2021 tentang Pemberian Penghargaan Bidang Pertanian Tahun 2021.

Selain Gubernur Lampung, penghargaan ini juga diberikan kepada lima Gubernur dan lima Bupati untuk Kategori Provinsi dan Kabupaten dengan Peningkatan Produksi Padi Tertinggi Tahun 2019-2020. Dan juga lima Gubernur dan lima Bupati untuk Kategori Provinsi dan Kabupaten dengan Nilai Ekspor Komoditas Pertanian Tertinggi Periode Januari 2020 sampai Juni 2021.

“Anda telah bekerja keras dan menginspirasi kepala daerah yang lain untuk juga bekerja keras, berpacu meningkatkan pembangunan sektor pertanian dan meningkatkan kesejahteraan petani,” ujar Wapres.

Ketangguhan sektor pertanian dimasa krisis, tak terlepas dari kerja keras dan sinergi para insan pertanian serta komitmen kuat dari pemerintah daerah. Wapres menyebutkan, roda pembangunan pertanian nasional tidak akan bisa digerakan tanpa adanya kerjasama, kerja bersama yang integratif dan kolaboratif antara pemerintah pusat dan daerah.

Diketahui, pembangunan sektor pertanian di Provinsi Lampung terus mengalami peningkatan dan mampu tumbuh secara positif meskipun dalam pandemi Covid-19.

Salah satunya dari besaran produksi padi Provinsi Lampung Tahun 2020 yaitu mencapai sebesar 2,65 juta ton gabah kering giling (GKG) atau meningkat 22,47% dari produksi padi tahun 2019.

Momentum ini akan terus dijaga oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dengan meluncurkan kebijakan strategis yaitu program Kartu Petani Berjaya (KPB), diharapkan dapat memberikan berbagai kemudahan kepada petani dalam proses produksi dan pemasaran hasil pertanian. Karena tumbuh dan berkembangnya sektor pertanian berpengaruh terhadap Pertumbuhan Ekonomi Lampung.

Berdasarkan data resmi yang dilansir BPS pada 5 Agustus 2021, untuk tahun 2021, pertumbuhan ekonomi Lampung menunjukan trend positif. Besaran pertumbuhan ekonomi pada Triwulan I-2021 secara q-to-q, Lampung tumbuh 3,04% dan Triwulan II-2021 tumbuh 6,69%, angka ini merupakan angka pertumbuhan ekonomi tertinggi se-Sumatera. (Dwi.foto.dok. Humas Lampung)

Related posts