Harga Cabai Semakin Pedas, Ini Cara Budidaya Cabai di Rumah

Jakarta, GPriority.co.id – Tingginya harga cabai saat ini membuat masyarakat berbondong-bondong beralih untuk menanam cabai sendiri. Ya, ini menjadi salah satu solusi dikala harga cabai sedang pedas-pedasnya.

Merangkum dari situs BPTP Sumatera Barat dan TaniHub, berikut cara budidaya cabai di rumah yang bisa Anda lakukan:

1.Pastikan Anda memiliki lahan kosong yang memadai. Jika tidak punya lahan, Anda bisa menggunakan pot atau polybag sebagai medianya. Untuk pemilihan lahan tanah, terdapat syarat yang harus diperhatikan seperti:
*Tanah humus lebih baik meski cabai dapat ditanam pada jenis tanah apa saja. Keutamaan kandungan tanah humus baik untuk pertumbuhan cabai.
*pH tanah 5,5 – 6,5.

2.Lokasi penanaman cabai harus terkena sinar matahari langsung. Jika kurang pencahayaan, taman cabai tidak akan berbuah dengan optimal (tidak banyak cabainya) dan cenderung lama.

3.Siapkan benih cabai yang bagus. Anda bisa membelinya atau buat sendiri. Caranya ambil biji cabai lalu jemur di bawah sinar matahari hingga mengering. Mudah bukan?

4.Semai benih cabai terlebih dahulu. Ini penting untuk kesuburan cabai kedepannya. Cara menyemai benih cabai juga tidak sulit. Rendam benih cabai kering selama 3 jam terlebih dahulu. Lalu jika menggunakan polibag, Anda perlu menambahkan tanah, pupuk kompos, dan sekam bakar dengan perbandingan 3:2:1. Kemudian, masukan benih ke dalam polybag yang sudah tercampur bahan sebelumnya dan tutup benih sedalam 1 cm. Yang terakhir jangan lupa disiram dan letakan di wilayah yang aman dari sinar matahari.

5.Penanaman boleh dilakukan bila benih yang sudah disemaikan telah berusia 4 minggu atau 1 bulan. Pastikan saat pemindahan kecambah cabai ke wadah yang lebih besar, jangan samapi merusak akarnya.

6.Jangan hanya memupuk pada awal menanam, tetapi lebih baik berikan pupuk diberikan secara berkala sesuai dengan kebutuhan dan keadaan tanaman. Pupuk yang dianjurkan adalah pupuk kompos atau pupuk kandang, agar cabai yang dipanen tidak mengandung bahan kimia.

7.Penyiraman harus dilakukan setiap hari sekali saat pagi atau sore hari bila tidak hujan. Penyiangan dapat dilakukan sekali dalam waktu dua minggu.

8.Cabai dapat dipanen bila sudah memasuki usia 70 – 120 hari setelah tanam. Panen sebaiknya dikadaan pagi hari dan cuaca cerah.

Bagi masyarakat yang menyukai pedas, cabai menjadi bumbu dapur yang wajib ada. Untuk itu bila harga cabai terus melonjak, alangkah baiknya Anda memikirkan cara alternatif yang lebih murah untuk mengatasi permasalahan ini. Menanam cabai akan bermanfaat dikemudian hari dangan jangka waktu yang panjang. (Gs.Foto.Istimewa)

Related posts