Hilmar Farid: Masalah Air Tanggung Jawab Semua Pihak

Badung, GPriority.co.id – Dirjen Jendral Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid menyebut, bahwa permasalahan air merupakan tanggung jawab semua pihak, mulai dari ahli, praktisi, seniman hingga dunia usaha. Menurutnya, keterlibatan ini menjadi kunci keberhasilan dalam untuk keberlanjutan penggunaan air.

“Air yang sifatnya itu lintas disiplin, tidak hanya di satu bidang keilmuan, kita bicara betul bagaimana keberlanjutan lintas disiplin bukan hanya kalangan ahli tapi juga para praktisi dilapangan, temen2 seniman, pemangku kepentingan ditingkat lokal,” ujar Hilmar Farid kepada awak media usai Konfrensi Pers World Water Forum ke-10 di Bali, Selasa (21/5).

Disamping itu, Hilmar menyampaikan dengan adanya forum WWF ini memberikan kesempatan untuk mengenalkan kearifan lokal yang ada Indonesia salah satunya sistem Subak di Bali.

Kata dia, sistem tersebut (Subak) dapat dijadikan inspirasi kepada dunia dalam pengelolaan air yang disatukan kedalam sosial dan budaya.

“Saya kira bukan hanya subak ya, tapi seluruh tata kehidupan inpirasi untuk mencari pemetaan secara global termasuk masalah air,” tuturnya.

Diketahui, Subak merupakan pengairan masyarakat Bali yang menyangkut hukum adat dan mempunyai ciri khas, yaitu sosial-pertanian-keagamaan dengan tekad dan semangat gotong royong dalam usaha memperoleh air dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan air dalam menghasilkan tanaman pangan terutama padi dan palawija.

Foto: GPriority