Terbaru! Daftar 4 Daerah Di Indonesia Yang Larang Sekolah Adakan Study Tour

Jakarta, GPriority.co.id – Kasus kecelakaan yang menewaskan rombongan bus study tour SMK Lingga Kencana Depok, menyita banyak perhatian dari masyarakat, terutama bidang pendidikan.

Berdasarkan data yang dihimpun pada Selasa (21/5/2024), sejumlah penjabat menyebut jika study tour sekolah seharusnya lebih mementingkan aspek edukasi dan kebudayaan.

Berikut ini daftar 4 daerah di Indonesia yang memberlakukan pelarangan kepada sekolah untuk mengadakan study tour.

  1. Jawa Tengah
    Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menerbitkan edaran dengan nota dinas 421.7/00371/SEK/III/2024 yang melarang adanya kegiatan study tour. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah Uswatun Hasanah mengatakan larangan ini berlaku untuk sekolah negeri baik itu SMA maupun SMK.
  2. Garut
    Pemerintah Kabupaten Garut juga melarang sekolah melaksanakan study tour pasca-kecelakaan bus di Kabupaten Subang beberapa waktu lalu. Kebijakan tersebut juga sebagai tindak lanjut dari instruksi Pemerintah Provinsi Jawa Barat.
  3. Sumedang
    Penjabat (Pj) Bupati Sumedang Yudia Ramli, mengimbau agar sekolah melakukan study tour di wilayah Sumedang. Ia mengimbau pihak sekolah melakukan kunjungan ke pusat perkembangan ilmu pengetahuan, pusat kebudayaan, dan destinasi wisata edukatif lokal.
  4. Kuningan
    Pemerintah Kabupaten Kuningan juga melarang adanya kegiatan study tour di luar kota. Hal ini tertuang dalam Surat Kepala Dinas Pendidikan Nomor 400.3/1522/Umum Perihal Himbauan Pelaksanaan Study Tour tertanggal 13 Mei 2024. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kuningan, U Kusmana menegaskan larangan itu berlaku untuk seluruh jenjang satuan pendidikan mulai tingkat TK, SD, dan SMP.

Foto : Ilustrasi / EyeEm