Ide unik balkon cantik

Maraknya hunian vertikal terutama dikawasan perkotaan seakan mengubah cara pandang kita terhadap konsep hunian dimasa depan. Keterbatasan lahan dan semakin tingginya harga lahan diperkotaan memaksa kita untuk bisa beradaptasi dengan konsep hunian yang ada saat ini. Umumnya pengembang memasarkan unit hunian vertical yang mempunyai luasan terbatas, Pemanfaatan lahan balkon yang terbatas menjadi tantangan tersendiri bagi penghuni dalam mewujudkan ide-ide dekorasi unik impiannya.

Pada hunian vertikal, balkon merupakan satu-satu area privat dimana kita masih bisa mendapatkan sirkulasi udara dan sinar matahari yang baik sehingga pembuatan dekor dengan kombinasi tanaman dapat kita wujudkan. Ornamen tanaman bisa menjadi penyejuk pada hunian kita dimana pada hunian vertikal biasanya ada keterbatasan lahan dan minimnya area ruang luar atau balkon. Walau dengan segala keterbatasannya tidak juga menghapus kesempatan kita untuk mendekorasi ruang balkon pada hunian vertikal kita. Dengan luasan yang tidak terlalu besar kita bisa memanfaatkan balkon dengan sentuhan desain yang unik, cantik dengan paduan furnitur yang kekinian. Unsur hijau tanaman juga bisa kita manfaatkan sebagai pelipur lara dari keterbatasan yang ada dan menciptakan kesan natural yang dekat alam sehingga kita tidak merasa “sendiri” dihunian kita. Walau tidak senyaman bila dibandingkan dengan ruang luar atau teras pada rumah tapak, unsur hijau bisa membantu mempercantik dekorasi dari balkon anda.

Penggunaan material kayu dan besi sebagai rangka dari media tanaman dan sekaligus sebagai ornamen dekorasi yang bisa dibuat dengan desain yang unik dan menarik. Bentuk heksagonal yang sedang tren bisa dicoba sebagai ornamen dan rangka dari media tanaman tersebut. Begitu pula dengan bentuk-bentuk lainnya seperti persegi Panjang dan kombinasi trapesium dapat kita aplikasikan juga. Selain itu penggunaan kombinasi material kayu dan besi menambah kesan modern pada aplikasi ornamen tanaman tersebut.

Pemilihan furnitur atau perabot yang disesuaikan dengan konsep desain balkon juga perlu diperhatikan. Pengunaan material furnitur yang tahan terhadap cuaca untuk diruang luar dan dengan desain yang lebih simple juga perlu dipertimbangkan. Begitu pula dengan warna furnitur harus senada dengan nuansa warna ruang balkon tersebut sehingga balkon anda menjadi lebih cantik.

Efek pencahayaan juga perlu menjadi perhatian bila kita menginginkan desain balkon kita tampak lebih indah dimalam hari. Spot-spot cahaya penerangan bisa ditambahkan pada beberapa bagian pada ornamen tanaman dinding seperti dibagian atas pada langit-langit atau dibawah wadah ornamen tanaman. Kita juga bisa menambahkan spot lampu dibawah bangku Panjang untuk memperindah ruangan balkon dan sekaligus sebagai penerangan untuk hiasan-hiasan yang ada dibawah bangku tersebut. Warna lampu yang kita pilih juga harus disesuaikan dengan nuansa yang ingin kita dapatkan, untuk efek cahaya dari lampu berwarna kuning dapat memperkuat kehangatan dari ruangan balkon kita.

Komponen lainnya yang tidak kalah penting adalah bahan penutup lantai. Walau pada kebanyakan hunian vertikal bahan lantai sudah dipilihkan oleh pengembang, jangan menjadi penghalang buat kita untuk menggantinya bila tidak sesuai dengan konsep desain yang kita inginkan. Sebelum pemilihan motif dan warna, hal yang perlu dipertimbangkan adalah tekstur permukaan dari bahan pelapis lantai tersebut. Pilihlah bahan yang mempunyai tekstur yang tidak licin, karena  walau tidak terpapar langsung air hujan ruang balkon ada potensi terkena air sehingga bisa menjadi licin dan berbahaya. Pastikan juga bahan yang digunakan itu tahan terhadap cuaca panas dan hujan supaya kita perlu khawatir lantainya menjadi rusak. Beberapa pilihan lantai dengan bahan keramik dan granit bisa menjadi pilihan anda dengan varian motif yang bisa disesuaikan dengan desain balkon anda.

Jadi lahan balkon yang terbatas bukanlah hambatan buat kita untuk mendapatkan ruang luar atau balkon yang unik, cantik dan menyegarkan. (Red. Foto. Istimewa)

Related posts