ITB Launching SDGs Network

Bandung,Gpriority-Minggu (27/1) Institut Teknologi Bandung ITB meluncurkan ITB SDGs Network di Gedung ITB Bandung.

Peluncuran ITB SDGs Network dilakukan oleh Rektor ITB bersama Menteri Perencanaan Pembangunan nasional/Kepala Bappenas Bambang P.S. Brodjonegoro.

Dalam berbagai kesempatan Bambang Brodjonegoro telah menyampaikan harapannya agar para alumni ITB di berbagai sektor bekerjasama dengan para peneliti di lingkungan kampus ITB untuk mengimplementasikan teknologi tepat guna sebagai penunjang program Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals). Harapan tersebut kini diwujudkan dalam bentuk ITB SDGs Network yang kemudian akan segera menjadi ITB SDGs Center.

ITB SDGs Network  diharapkan dapat meniadi forum diskusi dan kolaborasi antara seluruh alumni ITB dan civitas akademika ITB dengan berbagai pemangku kepentingan di Indonesia dalam mewujudkan kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia dan pembangunan rendah karbon sehingga bumi sebagai rumah bersama dapat dilestarikan demi masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang untuk merealisasikan ide-ide dari para alumni ITB dan civitas akademika ITB. ITB sebagai institusi Pendidikan tinggi yang dapat dikatakan paling menguasai keilmuan keteknikan penting sekali untuk dapat berperan serta pada pencapaian-pencapaian tujuan SDGs ini. pendekatan teknologi yang mendukung SDGs  harus dilibatkan untuk akselerasi sampai pada tujuan SDGs pada tahun 2030.

Pada saat ini pusat-pusat SDGs hanya memiliki produk-produk kegiatan yang pada dasarnya dalam lingkup kebijakan dan penataan masyarakat, belum ada pusat SDGs yang memiliki produk teknologi yang Implementatif dan inovatif di indonesia.Oleh karena itu, ITB sebagai institusi perguruan tinggi teknik terbaik di lndonesia sangat diperlukan untuk dapat mendukung SDGs di Indonesia dalam hal inovasi dan implementasi teknologi di masyarakat Indonesia.

Untuk mendukung SDGs,  ITB juga telah melakukan MoU dengan  PT Sarana Multi Infrastruktur (persero) telah melakukan penandatanganan MoU dengan pihak ITB.MoU ini diharapkan dapat mendukung platform pendanaan SDGs Indonesia.(Hs)

Related posts