Jadi Magnet Kunjungan Wisatawan, Jokowi Dukung Penyelenggaraan KEN 2024

Jakarta, GPriority.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung penyelenggaran Karisma Event Nusatara (KEN) 2024 yang baru diluncurkan, Sabtu (27/1).

Jokowi menyebut jika KEN mampu menjadi magnet wisatawan baik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

“Saya mengapresiasi penyelenggaraan 110 perhelatan dalam KEN yang secara konsisten mempromosikan keindahan destinasi wisata dan keunikan budaya bangsa kita, semoga event dapat menjadi magnet bagi wisatawan dalam negeri dan wisatawan mancanegara,” kata Jokowi dalam sambutannya secara virtual dalam peluncuran KEN 2024 di Jakarta, Sabtu (27/1).

Dirinya juga berharap, melalui program strategis Kemenparekraf ini, kunjungan wisatawan tak hanya melirik keindahan alam namun juga dapat menikmati kekayaan atraksi dan budaya Tanah Air.

Ia menambahkan, dengan kolaborasi yang kuat antara pemerintah pusat dan daerah, sektor swasta dan masyarakat, maka pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia akan bangkit dan semakin maju.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, kegiatan-kegiatan yang terkurasi dalam tiga bulan ini diharapkan mampu menopang pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) sebesar 1,25-1,5 miliar pergerakan.

“Kita meningkatkan capaian terciptanya lapangan kerja mencapai 4,4 juta lapangan kerja dan peningkatan pergerakan ekonomi kita harapkan bisa mencapai 20-25 persen dan harapannya ikut menopang 1,25-1,5 miliar pergerakan wisnus,” tambahnya.

Dia pun menargetkan kunjungan wisata sepanjang penyelenggaraan KEN 2024 mampu mencapai 10 juta kunjungan.

Sementara soal strategi agar kunjungan wisata dapat merata ke semua perhelatan, dirinya bakal mempromosikan ke berbagai daerah salah satunya melalui media digital.

Dari sisi kualitas, ungkapnya, Kemenparekraf telah menyiapkan tim kurator yang ahli pada bidangnya, sehingga perhelatan yang digelar mampu menghadirkan kualitas yang bagus secara menyeluruh.

Sandiaga menjelaskan bahwa penyelenggaran KEN Festival terdiri dari lima zona interaktif yaitu Zona Budaya, Zona Seni, Zona Musik, Zona Karnaval, dan Zona Kuliner.

Kelima zona ini, kata Sandi, merupakan hasil kolaborasi dengan daerah ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berkesan kepada para pengunjung sekaligus mempromosikan event-event KEN yang akan datang.

Selain menikmati aktivitas festival, pengunjung menyaksikan langsung penampilan dari para pegiat seni budaya dari berbagai daerah di Indonesia yang hadir memeriahkan peluncuran ini seperti Jember Fashion Carnaval, Solo Keroncong Festival, Festival Babukung, Festival Gandrung Sewu, Aceh Perkusi, Festival Ronthek Pacitan, Festival Teluk Tomini, dan masih banyak lagi.

Perlu diketahui, KEN pertama kali diselenggarakan pada 2021 sebagai penyempurnaan program Calendar of Event (COE) yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh Kemenparekraf. Pada edisi pertamanya, KEN mewadahi 83 event terpilih dari 34 provinsi.

Foto: tvOne/Julio Trisaputra