JAMIN KEAMANAN KONSUMSI MASYARAKAT PLT. WALI KOTA JAKSEL SIDAK PENGAWASAN PANGAN DI SWALAYAN

JAKARTA,Gpriority – Plt Walikota  Jakarta Selatan Isnawa Adji bersama dengan instansi terkait melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sebuah pasar swalayan terbesar di daerah Lebak Bulus Jakarta Selatan untuk memastikan bahan pangan terbebas dari bahan berbahaya.

Isnawa mengatakan sidak pengawasan pangan ini digelar oleh Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (KPKP) bekerjasama dengan BPOM Jaksel dan juga Sudin KUMKMP Jakarta Selatan guna memeriksa produk makanan dari kandungan berbahaya seperti Boraks, Formalin, Pestisida dan lainnya.

“Sidak ini dilakukan untuk menghindari penggunaan penggunaan zat-zat yang berbahaya dan berdampak terhadap masalah kesehatan, hari ini ada beberapa sampel yang akan dilakukan pengujian, berkaitan dengan kemungkinan penggunaan pestisida pestisida dan bahan berbahaya lainnya. Harapannya ini menjadi semangat yang luar biasa dari kita untuk terus menjaga kualitas makanan dan minuman yang di konsumsi oleh masyarakat,” ujar Isnawa.

Ditambahkan Isnawa, selain itu, pihaknya juga melakukan sidak kepada produk yang kemasannya rusak seperti kaleng-kaleng yang penyok ataupun ada bungkus makanan yang sudah robek ataupun tidak layak.

“Ini harus kita amankan jangan sampai terjual di rak-rak yang ada di lokasi ini. Kegiatan ini dilakukan terhadap seluruh produk-produk makanan yang beredar agar masyarakat kita dijamin kwalitas barangnya, kesehatannya dalam mengkonsumsi makanan-makanan tersebut,” harapnya.

Kasudin KPKP Jakarta Selatan Hasundungan menjelaskan, kegiatan sidak hari ini adalah dalam rangka menyambut hari raya idul Fitri 1442 hijriah/2021.

“Jadi Sudin KPKP Jakarta Selatan berkolaborasi dengan Badan POM kemudian dengan Sudin UMKM Perindustrian melakukan sidak hari ini dengan mengambil sampel kurang lebih sekitar 133 sampel dari 3 titik swalayan diantaranya Ultimo Citos kemudian Lotte mart Lotte mart Fatmawati dan Carrefour Lebak Bulus serta pelaksanaan pemeriksaannya juga kita jadikan on the spot,” terang Kasudin.

Dikemukakan Hasundungan, pada sidak kali ini komoditas yang diperiksa keamanan pangannya adalah produk segar asal tumbuhan, kemudian beras, kurma, dan buah kolang Kaling.

“Semua ini Kita lihat nanti akan ada uji formalin pengawet pada makanan makanan yang biasa disajikan pada saat Ramadhan dan sampai dengan sekarang dari 133 sampel 3 titik tersebut tidak ditemukan indikasi dicampur dengan bahan yang berbahaya, sementara pemeriksaan dari BPOM sebanyak 23 sampel juga tidak ditemukan bahan-bahan berbahaya,” tuturnya.

Sementara, Vice President Comporate Communication Transmart Carrefour Satria Hamid memberikan apresiasi dengan adanya inspeksi mendadak (sidak) tersebut. Menurutnya, kegiatan sidak ini adalah sebuah contoh yang bagus dari sisi pengawasan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan dalam hal ini Sudin KPKP, dan KUMKMP Jakarta Selatan.

“Jadi ini hal yang sangat bagus ya dan baik untuk dilanjutkan ke depannya nah sisi kita sendiri adalah bahwa kita adalah pelaku usaha yang turut membantu pemerintah dalam hal ini adalah dari Sudin kelautan dan perikanan kita membantu dalam hal apa kita membantu untuk UMK yang ada di kita juga untuk bisa mentaati peraturan terkait keamanan pangan dan dibuktikan pada sidak hari ini tidak ditemukan bahan-bahan pangan yang mengandung bahan berbahaya seperti rodamin dan zat pewarna lainnya. Jadi kami berterima kasih atas pembinaan dan bimbingannya selama ini,” ujarnya. #GP TIKA

Related posts