Jokowi Akan Kenakan Baju Adat Sultra di HUT RI ke-77

Jakarta,GPriority.co.id-Terpesona dengan keindahan alam dan budaya Sulawesi Tenggara (Sultra), Presiden Joko Widodo mengatakan kepada Sekneg Pratikno akan mengenakan baju adat Sultra saat HUT RI ke-77 yang digelar di Istana Presiden pada Rabu (17/8/2022).

Merespon keinginan Jokowi melalui Istana Negara , Pemprov Sultra segera menyiapkan dua baju adat Sultra yakni Tolaki dan Buton.

Dua baju adat tersebut diserahkan langsung oleh PJ.Sekda Sultra Asrun Lio.Dalam perbincangan melalui sambungan telepon pada Senin (15/8/2022), Asrun Lio mengatakan dua baju adat yang bernama Babung Ginasamani Ulusalu asal Tolaki dan baju adat Kesultanan Buton mewakili daerah daratan dan kepulauan Sultra.

Sementara kadis Kominfo Sultra, Ridwan Badallah dalam siaran persnya pada hari yang sama menambahkan,tenunan Sultra dipilih Presiden Jokowi sebagai bukti kekayaan sumber daya alam dan budaya.

“Kemarin kan khas Muna yang dipakai presiden kemudian sekarang khas Tolaki dan Buton. Artinya presiden sangat memperhatikan Sultra,” tuturnya.

“Ini juga tidak lepas dari kepemimpinan Gubernur Ali Mazi hingga Sultra bisa dilihat dan menarik presiden,” tambahnya.

Mengenai warnanya, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menjelaskan berwarna merah dan dan terbuat dari kain bahan beludru.

” Warna merah melambangkan keberanian dan ketangguhan sehingga cocok dengan tema HUT RI ke-77 yakni pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” tutupnya.(Hs.Foto.dok.Sultra)