Jokowi: Bantuan Sosial Tunai 2021 Langsung Disalurkan Tanpa Adanya Potongan

Jakarta,Gpriority-Dalam siaran persnya secara virtual pada Senin (4/1/2021) di Istana Negara, Jakarta, Presiden RI Joko Widodo mengatakan, Tahun 2021, pemerintah pusat tetap akan memberikan bantuan tunai kepada masyarakat Indonesia. Bantuan tunai ini dimaksudkan sebagai jaring pengaman sosial di tengah pandemi Covid-19.

Sebagaimana dikatakan Presiden, Bantuan Tunai Tahun 2021 tersebut terdiri atas tiga program, yang pertama Program Keluarga Harapan (PKH) yang disalurkan dalam empat tahap langsung kepada penerima tanpa adanya potongan apapun melalui bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) . Kedua, program sembako sebesar Rp200.000 per bulan per kepala keluarga hingga Desember 2021 mendatang yang juga disalurkan melalui perbankan untuk dibelanjakan bahan pangan di tempat yang telah ditentukan.

Ketiga, program Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp300.000 per bulan per kepala keluarga yang disalurkan melalui PT Pos Indonesia.“Bantuan Sosial Tunai diberikan selama empat bulan, Januari sampai April, dan nilainya Rp300.000 per bulan per KK. Ini sudah jelas semuanya,” ucapnya.

Kepala Negara sangat berharap agar bantuan pemerintah ini dapat meringankan beban keluarga yang terdampak pandemi Covid-19 sekaligus pada akhirnya membantu perekonomian nasional untuk bangkit dan bergerak.“Kita harapkan juga bisa menjadi pemicu untuk menggerakkan ekonomi nasional, mengungkit ekonomi nasional, dan memperkuat daya beli masyarakat sehingga pertumbuhan ekonomi nasional menjadi meningkat dan lebih baik,” imbuhnya.

Untuk diketahui, pada tahun ini pemerintah mengalokasikan anggaran masing-masing sebesar Rp28,709 triliun untuk PKH, Rp42,5 triliun untuk Program Sembako, dan Rp12 triliun untuk BST.(Hs.Foto.dok.BPMI Setpres)

Related posts