Kabupaten Kepulauan Sula Siap Menjadi Tuan Rumah MTQ ke-29

Weda,Gpriority- Penutupan Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Maluku Utara di Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) pada Minggu malam (20/10/2020) , berjalan lancar dan meriah.

” Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) adalah momentum mulia untuk meningkatkan peradaban Islam di bumi Maluku Utara. Sebetulnya Gubernur akan hadir namun ada sesuatu dan lain hal hingga tak berkesempatan hadir,” kata Staf Ahli Gubernur Malut, Darwis Pua, saat mengawali pembacaan sambutan Gubernur Malut, KH. Abdul Ghani Kasuba.

Lanjut beliau “ Saya pribadi selaku pemerintah daerah Malut mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bupati Halteng Edi Langkara, panitia, dewan hakim, pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Halteng serta semua pihak yang turut mendukung penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi Malut yang ke 28 tahun 2020 sehingga berjalan lancar dan sukses dari awal sampai penutupan pada malam hari ini.MTQ 28 telah melahirkan para pemenang dan juara pada masing-masing cabang yang dilombakan dan untuk itu dengan rasa bangga saya mengucapkan selamat dan apresiasi atas prestasi yang sudah di raih para Qori dan Qoriah, Hafizh dan Hafizah, Muffasir dan Mufassirah pada perlombaan ini.”

Dalam sambutannya, Bupati Edi Langkara menyampaikan terima kasih kepada Gubernur KH. Abdul Ghani Kasuba yang telah memberikan kepercayaan kepada pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah sebagai tuan rumah MTQ ke XXVIII tingkat Provinsi.
” Ini menjadi sebuah kebanggaan. Namun saya berharap ke depan MTQ yang akan digelar di kabupaten lainnya, pemerintah provinsi terlebih dahulu menyeluarkan Surat Keputusan (SK) dari dua atau tiga bulan sebelum kegiatan MTQ dimulai. Agar persiapan tidak mendesak, seperti yang kami alami pada saat ini. MTQ diberikan kepada kami pada bulan Agustus lalu, sehingga persiapannya sangat mendesak. Meski begitu, kami tetap berupaya untuk melakukan yang terbaik,” ungkap Edi Langkara.

Pada kesempatan tersebut, Edi Langkara juga menyampaikan bahwa para pemenang Qori dan Qoriah mendapat hadiah tambahan dari Kabupaten Halteng yakni keberangkatan umroh setelah pasca Covid 19. “Saya koordinasi dengan Pak Wakil Bupati Abd. Rahim Odeyani, untuk para pemenang akan mendapat bonus umroh pasca Covid-19 nanti,” kata Bupati.

Harapan saya lanjut dia, para pemenang untuk teruslah memacu diri dan lebih giat lagi berlatih dan terus tekun membaca al qur’an supaya di MTQ Nasioanal bisa kembali meraih prestasi, dan kita juga berharap meraih MTQ tingkat internasional. “Jika Gubernur izinkan saya, para pemenang Qori dan Qoriah untuk dilatih maka saya akan datang ustad yang memiliki kemampuan untuk melatih mereka,” ujarnya.

Bupati Edi Langkara dalam sambutannya juga mengatakan, ” Pemerintah provinsi telah memberitahukan kepada saya bahwa untuk MTQ yang akan datang akan dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Sula”.

Asisten I Setda Kep. Sula, Jaidun yang hadir dalam acara penutupan mengatakan, “Kami menyambut baik keputusan Pemprov yang menetapkan kami sebagai tuan rumah MTQ ke 29 tingkat Provinsi. Saya akan sampaikan amanah ini ke Bupati Kabupaten Kepulauan Sula Hendrata Thes.”

Jaidun juga mengatakan, acara MTQ ke 28 ini menjadi contoh, agar MTQ yang akan dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Sula lebih baik lagi. “Kita banyak belajar dari sini, karena MTQ ke 28 di Weda sangat luar biasa,” katanya.

Untuk diketahui, Gubernur KH. Abdul Ghani Kasuba dan Wakil Gubernur M.Al Yasin Ali tak hadiri MTQ ke 28 sejak pembukaan hingga penutupan. (wmj).

Related posts