Kalteng Tetapkan PPKM Level 4 dan 3, Mulai 3-17 Agustus 2021

Provinsi Kalimantan Tengah resmi ditetapkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 dan Level 3, mulai 3 hingga 17 Agustus 2021.

Selain itu Pemprov Kalteng juga akan melakukan Optimalisasi Posko Penanganan Covid-19 Tingkat Desa dan Kelurahan di Wilayah Prov. Kalteng.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran saat menggelar press release di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (03/08/2021).

“Saya telah menandatangani Surat Instruksi Gubernur Kalimantan Tengah Nomor 180.17/163/2021 tanggal 2 Agustus 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 dan Level 3 Serta Optimalisasi Posko Penanganan Covid-19 Tingkat Desa dan Kelurahan di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah”, ucap Gubernur.

Lebih lanjut Sugianto Sabran menghimbau kepada para Bupati/ Wali Kota agar melaksanakan instruksi dengan sebaik-baiknya, serta melaporkan pelaksanaannya kepada Gubernur selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng.

“Saya meminta bupati/walikota se-Kalteng melaksanakan penguatan 3T (testing, tracing, treatment) dan melaporkan hasilnya apa adanya, sesuai dengan fakta di lapangan”, tegasnya.

Diketahui, varian baru virus Covid-19 Delta (B.1.617) telah ditemukan di Kalteng. Varian Delta ini mudah menular dan berpengaruh menyumbangkan angka konfirmasi positif dan angka kematian harian di Kalteng.

Cepatnya penularan varian delta menyebabkan rumah sakit kebanjiran pasien Covid-19 yang berdampak pada langkanya persediaan obat-obatan dan oksigen.

Atas kebijakan pemberlakuan PPKM ini, Gubernur Kalteng meminta maaf kepada seluruh masyarakat yang terdampak.

“Saya selaku Gubernur Kalimantan Tengah meminta maaf kepada seluruh masyarakat yang terdampak kebijakan ini. Langkah ini meskipun pahit tetapi harus diambil karena merupakan obat yang paling tepat untuk mengendalikan penularan Covid-19. Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan menerapkan PPKM level tiga dan empat”, tutupnya.(Dwi)

Related posts