Tahun 2020, Anugerah Pesona Indonesia yang telah dimulai sejak tahun 2016 memasuki usia yang ke-5.Di usia yang ke-5 telah banyak destinasi wisata yang masuk menjadi nominasi dan dipromosikan melalui kegiatan ini.
“ Penyelenggaraan Anugerah Pesona Indonesia telah membawa dampak positif yang cukup baik terhadap pengembangan Pariwisata Indonesia. Mulai dari promosi yang membuat destinasi wisata semakin dikenal oleh masyarakat luas, hingga semakin aktifnya masyarakat, pemerintah daerah dan stake holder lainnya dalam membangun dan mempromosikan pariwisata kebanggaannya,” ucap Hiro Kristianto,Ketua Panitia API 2020 dalam siaran persnya yang dikirim melalui email pada Minggu Malam (1/11/2020).
Untuk pelaksanaan API 2020 sendiri, Hiro mengatakan sejauh ini berjalan dengan baik dan sesuai rencana. “ Hingga bulan ke-4, pelaksanaan pemungutan suara berjalan dengan lancar. Tercatat sudah ada 299.692 suara yang masuk, baik melalui SMS, e-poster (Instagram) dan video pariwisata (Youtube). Dari data yang ada, cukup banyak terjadi perubahan posisi pada klasemen perolehan suara, hal ini tentunya karena banyak pemerintah daerah yang tambah gencar dalam melakukan kampanye dan promosi agar nominasinya mendapat semakin banyak dukungan dari masyarakat,” jelas Hiro.
Panitia penyelenggara sendiri seperti dituturkan Hiro juga terus melakukan inovasi dalam membantu para nominasi berpromosi, mulai dari mengajak Duta Promosi API 2020 untuk aktif membantu promosi, hingga penyelenggaraan API Travel Talk sebagai wadah bincang-bincang ringan untuk membahas nominasi dan pariwisata daerah secara umum.
Panitia penyelenggara juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah turut serta mendukung dan terlibat dalam kegiatan API 2020.” Semoga apa yang sudah kita lakukan bersama bisa membawa dampak positif bagi kebangkitan Pariwisata Indonesia. Maju terus Pariwisata Indonesia, bangkit dan bersinar kembali untuk menjadi referensi pariwisata dunia,” tutup Hiro.(Hs.Foto,dok.API)