Kembali ke Jakarta, Pemudik Harus Lapor RT dan RW

Jakarta,Gpriority-Berdasarkan akun twitter Pemprov DKI Jakarta pada Senin (17/5/2021) Gubernur Anies Baswedan menghimbau agar warga Jakarta yang sudah kembali dari mudik atau warga luar Jakarta yang mau masuk Jakarta untuk melaporkan diri kepada ke RT dan RW setempat. Menurut Anies, pelaporan ini bertujuan untuk memudahkan Pemprov DKI Jakarta dalam mendata warga dan memastikan kondisi kesehatan mereka yang sudah tiba di Jakarta.

Saat melapor ke pengurus RT atau RW, warga diminta untuk membawa data kependudukan seperti KTP dan KK termasuk hasil tes COVID-19 baik tes PCR maupun tes antigen. Jika hasil tes COVID-19 belum ada, maka tetap melaporkan diri karena tes COVID-19 bisa dilakukan oleh puskesmas yang akan dikoordinasikan oleh pihak RT/RW dan kelurahan.

Usai pelaporan, pengurus RT maupun RW akan memasukkan dokumen tersebut ke aplikasi  datawarga-dukcapil.jakarta.go.id.

“ Dengan adanya program pelaporan ini, kami bisa mengetahui berapa total warga Jakarta yang mudik pada lebaran tahun ini,” jelas plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta Budi Awaludin.
Lebih lanjut dikatakan Budi, hingga Senin malam, jumlah warga Jakarta yang mudik tercatat 1.124 warga. Dari total tersebut baru 16 orang yang sudah melakukan tes Covid-19 selebihnya belum.

“ Bagi yang belum, kami akan mendata terlebih dahulu, baru nanti ditindaklanjuti dengan screening dari Puskesmas,” tutup Budi.(Hs.Foto.Hs)  

Related posts