Kemenag Gelar Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1442 Hijriah pada 11 Mei 2021

Jakarta,Gpriority-Dalam siaran pers yang dikirim humas Kemenag pada Kamis (6/5/2021), Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penetapan 1 syawal 1442 hijriah pada 11 Mei 2021.

“ Insya Allah sidang isbat digelar 11 Mei dan saya sendiri yang akan memimpin jalannya sidang,” ucap Yaqut Cholil Qoumas.

Sidang sendiri seperti diutarakan oleh Yaqut akan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) sehingga tidak semua perwakilan bisa hadir secara fisik  di kantor Kemenag.

”  Karena saat ini masih terjadi pandemi, Kemenag menggelarnya secara online dan offline. Untuk offline rencananya akan dihadiri Menag, Wamenag,MUI,Komisi VIII DPR , dubes negara sahabat dan perwakilan ormas. Sementara lainnya termasuk beberapa wartawan bisa menyaksikannya melalui virtual,” ucap Ketua Panita sidang Isbat Kamaruddin Amin.

Lebih lanjut dikatakan Kamaruddin Amin yang juga menjabat sebagai Dirjen Binmas Islam Kemenag.” Untuk sidang isbat sendiri akan dilakukan dengan beberapa tahapan.”

1.Pukul 16.45 WIB, berupa pemaparan posisi hilal Awal Syawal 1442H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag Cecep Nurwendaya.

2.Setelah Magrib, sidang Isbat dipimpin Menteri Agama, diawali dengan mendengarkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal.

3.Kemenag menjadwalkan akan melakukan rukyatul hilal pada 88 titik di seluruh Indonesia. Untuk di DKI Jakarta misalnya, rukyatul hilal akan dilaksanakan di Gedung Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta lantai 7, Masjid Al-Musyariin Basmol Jakarta Barat, Pulau Karya Kepulauan Seribu, dan Masjid KH Hasyim Asy’ari Jakarta Barat.

4.Pengumuman melalui live tv, media dan media sosial kemenag.(Hs.foto.dok.Kemenag)

Related posts