Kemensos Fokus Beri Perhatian Ke Ratusan ODGJ Untuk Gunakan Hak Pilih Pada Pemilu 2024

Jakarta, GPriority.co.id – Dalam rangka pemilu 2024, Kementerian Sosial (Kemensos), memastikan akan memberikan perhatian lebih kepada sejumlah ODGJ, untuk menggunakan hak pilihnya.

Berdasarkan laporan dari Sekretaris Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kemensos, Salahuddin Yahya, akan ada 820 ODGJ yang mendapatkan pelayanan khusus dari Kemensos, di 31 sentra yang ada.

“Nah 820 ini nanti itu kita pastikan semua berhak menggunakan hak suaranya sesuai dengan ketentuan undang-undang. Nah pertanyaannya adalah bagaimana mengawal ini?,” tuturnya pada Rabu (31/1) kemarin.

Yahya mengaku, Kemensos sudah merumuskan beberapa langkah terkait pelayanan khusus untuk para ODGJ, menjelang pemilu ini. Pertama, berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait dengan kelengkapan syarat sebagai pemilih.

Seperti dari aspek data kependudukan, pemeriksaan kelayakan pemilih dari aspek kesehatan, termasuk pencocokan domisili untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Namun, ada beberapa kondisi di mana para ODGJ tidak boleh meninggalkan tempat perawatan. Pada kondisi ini, Kemensos akan melakukan koordinasi lanjutan dengan KPU untuk pindah memilih menyesuaikan TPS yang disiapkan.

Kemensos juga memiliki tanggung jawab untuk melakukan sosialisasi pasangan calon peserta Pemilu 2024. Kegiatan tersebut dilakukan sepekan sebelum pencoblosan berlangsung.

Dengan tegas, Kemensos akan menyediakan pendamping bila dibutuhkan untuk para penerima manfaat. Kemensos menjamin para pendamping ini juga melalui pemeriksaan yang ketat untuk menjamin netralitas.

“Kemudian kelayakannya tentu kita minta pertimbangan dari penanganan ahli ODGJ termasuk peksos kita yang ada di sana. Kalau di luar, kita lihat mana yang layak untuk menggunakan hak suaranya di luar, di sentra mana yang tidak,” ucap Yahya.

Foto : Pemkab Batang