Kementerian PAN RB Gelar 3 Penghargaan Sekaligus. Inilah Daftar Pemenangnya


Jakarta,Gpriority-Bertempat di Gedung Serbaguna Tribrata,Dharmawangsa, Jakarta Selatan, pada Rabu siang (25/11/2020), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB) menggelar penyerahan penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik 2020, Apresiasi Inovasi Pelayanan Publik Penanganan Covid-19 dan Top Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Tahun 2020.

Nampak hadir dalam acara tersebut Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Ketua Ombudsman Prof.Amzulian Rifai, Dubes AS untuk Indonesia Sun Kim, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan sejumlah kepala daerah. Sementara itu, Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin yang membuka acara hadir secara virtual.

Acara diawali dengan sambutan dari Menpan RB Tjahjo Kumolo. Tjahjo Kumolo mengatakan penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dan dorongan motivasi bagi penyelenggara pelayanan publik yang memiliki prestasi di bidang pengelolaan pengaduan pelayanan publik dan inovasi pelayanan publik. Selain itu, penghargaan ini bertujuan memberi informasi dan mempromosikan berbagai terobosan yang dilakukan oleh penyelenggara pelayanan publik. Terobosan yang dilakukan, juga memberi kemudahan bagi publik dalam menyalurkan aspirasi dan pengaduan pelayanan publik dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan.

“Untuk itu, Kementerian PANRB selaku instansi pembina pelayanan publik nasional selalu mendorong kementerian, lembaga dan pemerintah daerah untuk terus melakukan percepatan pelayanan publik yang memenuhi harapan masyarakat,” ujar Tjahjo.

Wapres Ma’ruf Amin yang hadir secara virtual menyambut baik digelarnya acara ini. Menurut Ma’ruf Amin, penghargaan inovasi pelayanan publik harus menjadi model dan dikembangkan melalui transfer pengetahuan. “Cara dan metode baru pelayanan publik harus terus dieksplorasi sesuai kebutuhan,” ungkap Wapres Ma’ruf Amin.

Wapres Ma’ruf Amin mengungkapkan apresiasinya kepada para peraih penghargaan. Menurutnya, pandemi Covid-19 justru menjadi pemicu untuk menciptakan inovasi dan mengelola pengaduan pelayanan publik yang optimal.

Wapres Ma’ruf Amin dalam sambutannya juga mengatakan, untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan sesuai program Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), pemerintah Indonesia mencanangkan reformasi birokrasi dari hulu hingga ke hilir. Wapres mengungkapkan, ujung reformasi birokrasi adalah peningkatan kualitas pelayanan publik sesuai harapan masyarakat, melalui birokrasi yang lincah dan cepat mengambil keputusan.

Wapres Ma’ruf Amin mengungkapkan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian penyelenggara pelayanan. Pertama adalah optimalisasi sumber daya, anggaran, teknologi informasi, serta jejaring kerja yang mendukung inovasi. Kedua, yakni mendorong seluruh unit kerja untuk melahirkan terobosan dalam rangka penyederhanaan proses bisnis pelayanan publik.

Hal ketiga yang jadi perhatian adalah mendorong implementasi inovasi terbaik untuk dapat diadopsi dan diimplementasikan secara nasional. “Keempat, manfaatkan kanal informasi yang ada untuk diseminasi informasi pelayanan publik dan media partisipasi aktif masyarakat,” ujar Wapres Ma’ruf Amin menutup sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan yang dilakukan oleh Menpan RB Tjahjo Kumolo, Mendagri Tito Karnavian, dan Kepala BNPB Doni Monardo. Berikut nama penerima penghargaan.

*Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020:*
A. Kementerian
1.Kementerian Agama – MAN de MOTEFA
2.Kementerian Dalam Negeri – i-Pop
3.Kementerian Hukum dan HAM – Pos Pengaduan HAM di 50 Denominasi Gereja di Manokwari
4.Kementerian Kelautan dan Perikanan – PUGaR
5.Kementerian Keuangan – SiPakDe-ATIGA
6.Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan – Simontana
7.Kementerian Pertanian – IQFAST

B. Lembaga

1.BPKP – Library Cafe
2.BPJS Ketenagakerjaan – KJK Return to Work
3.BATAN – SUNTiK
4.Polri – Quick Response Pencegahan Pencurian di atas Kapal Pada Area Kapal Berlabuh
5.LAN – Village Preneurship

C. Pemerintah Provinsi
1.Provinsi D.I Yogyakarta – Melintasi Batas Ruang Kelas Bersama Jogjabelajar Class
2.Provinsi DKI Jakarta – Bunga Tanjung
3.Provinsi Jawa Barat – One Pesantren One Product
4.Provinsi Jawa Tengah – Mangan Mendoane Rini
5.Provinsi Jawa Timur – Klinik BUM Desa
6.Provinsi Kalimantan Timur – Ojol Berlian
7.Provinsi Kalimantan Utara – Program Layanan Dokter Terbang

D. Pemerintah Kabupaten
1.Kabupaten Aceh Jaya – Saweu Ureung Saket
2.Kabupaten Banggai – Posyandu Prakonsepsi
3.Kabupaten Bangka – Abang Timah Untuk Bu Disa
4.Kabupaten Bantaeng – Bendera Saskia
5.Kabupaten Banyuasin – Jam Kunci
6.Kabupaten Bima – Gebrak Bimantika
7.Kabupaten Deli Serdang – Deli Serdang Sekolah Bermutu
8.Kabupaten Demak – Cengkraman Mata Elang
9.Kabupaten Fakfak – Bebas Malaria Kampung Bercahaya
10.Kabupaten Gresik – Rumahku SIP
11.Kabupaten Grobogan – Pengelolaan Pascapanen Komoditas Pertanian Melalui Sistem Resi Gudang
12.Kabupaten Hulu Sungai Selatan – Program Rumah Sejahtera
13.Kabupaten Kebumen – Kampung Garam
14.Kabupaten Kutai Kartanegara – Klik Me
15.Kabupaten Natuna – Si Beres Natuna
16.Kabupaten Ogan Komering Ulur – Gema Daya Pentas OKU
17.Kabupaten Pekalongan – Laboratorium Kemiskinan
18.Kabupaten Sinjunjung – Maspettag
19.Kabupaten Tapin – Cabai Hiyung Tapin Mendunia, Pedasnya 17x Lipat

E. Pemerintah Kota

1.Kota Gorontalo – Tancap Nikah
2.Kota Magelang – Inobel I-STEAM
3.Kota Malang – Sepasar Pedas
4.Kota Mojokerto – Gayatri
5.Kota Palembang – Poltabes
6.Kota Parepare – Berdaya Srikandi oleh Srikandi
7.Kota Sukabumi – Home Care Kota Sukabumi

5 Pemenang Outstanding Achievement of Public Service Innovations 2020:
1.Polri – RM Papeda
2.Provinsi D.I Yogyakarta – Jogjaplan
3.Kabupaten Kulonprogo – PanganKu
4.Kota Cimahi – Kawasan Cimahi Technopark
5.PT Taspen – Sahabat Latanro


*Daftar Top 21 Inovasi Pelayanan Publik Penanganan Covid-19:*
A.Kementerian/Lembaga
1.Wisma Atlet Kemayoran dan Rusunawa, Solusi Nyata Penanganan Covid-19 di Indonesia – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
2.Pemanfaatan Minuman Keras Cap Tikus Sebagai Bahan Baku Hand Sanitizer – Badan Pengawas Obat dan Makanan.
3.Pengujian Spesimen Covid-19 di Laboratorium Biohazard PPPOMN – Badan Pengawas Obat dan Makanan.

B.Pemerintah Provinsi
1.Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat (Pikobar) – Pemerintah Provinsi Jawa Barat.
2.JOGO TONGGO – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.
3.Fightcovid19 Bangka Belitung – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

C.Pemerintah Kabupaten
1.Percepatan dan Akurasi Pelayanan Pemberian Bantuan Sosial Tunai kepada Pekerja Sektor Pariwisata dan Sektor Lainnya terdampak Covid-19 di Kabupaten Badung – Pemerintah Kabupaten Badung.
2.Kolaborasi Lintas Sektor untuk Alat Pelindung Diri (APD) – Pemerintah Kabupaten Banggai.
3.Salawaku (Sehat Langkah Awal Kuat), For Torang Lawan Virus Corona – Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara.

D.Pemerintah Kota
1.Hatii Pakkem (Hazmat dari RSUD Tidar Inovasi Coverall Pakai Kembali) – Pemerintah Kota Magelang.
2.Dongkelor (Dongeng Keliling Online Dari Rumah) – Pemerintah Kota Makassar.
3.GOGROK Covid-19 – Pemerintah Kota Yogyakarta.

E.Perguruan Tinggi
1.Laura Sirep Pageblug – Universitas Gajah Mada.
2.Bilik Swab UI (Swab Chamber) yang Aman dan Sesuai Kondisi Indonesia – Universitas Indonesia.
3.Portable Ventilator – Universitas Sebelas Maret.

F.Perusahaan Swasta
1.1000 Promotor Pencegahan Covid-19 – Jago Preventif.
2.Protokol Tanggap Darurat Covid-19 Di Pelabuhan Penumpang Internasional – PT Indodharma Corpora (Sekupang Ferry Terminal), Kota Batam, Kepulauan Riau.
3.Protokol Kesehatan “Sandwich” Sinar Jaya Slawi – Sinar Jaya Slawi, Kabupaten Tegal Jawa Tengah.

G.Masyarakat Sipil
1.Panggungharjo Tanggap Covid-19 (PTC) – Kelurahan Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta.
2.Penyuluhan Keliling Anak (Pangling): Peningkatan Kesadaran dan Informasi Covid-19 Di Kampung 13 Ulu Palembang – Kampung Pandai 13 Ulu, Kota Palembang, Sumatera Selatan.
3. Solidaritas Pangan Jogja – Sosial Movement Institute (SMI), Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Yogyakarta, Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Yogyakarta, dll.


*Top 15 Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Tahun 2020:*
Kategori Instansi Pemerintah
A. Outstanding Achievement
1.Pemerintah Kota Bandung
2.Pemerintah Kota Semarang

B. Pengelola Sistem Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik
1.Pemerintah Kabupaten Demak
2.Pemerintah Kabupaten Sleman

C. Pengelola dengan Pendorong Perubahan Terbaik
1.Kementerian Dalam Negeri
2.Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat

D. Pengelola dengan Aspek Dampak Terbaik
1.Pemerintah Kabupaten Pacitan
2.Pemerintah Kota Surakarta

E. Pengelola dengan Perubahan dan Perbaikan Pengelolaan Pengaduan Terbaik
1.Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul
2.Pemerintah Kota Tangerang

F. Pengelola dengan Aspek Keberlanjutan Inisiatif Terbaik
1.Pemerintah Provinsi Jawa Timur
2.Pemerintah Kota Madiun

Kategori Unit Pengelola Pelayanan
1.RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto
2.Kantor Pertanahan Kota Bogor
3.Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan