Kemnaker Kejar Target 1.040 Lembaga Terakreditasi di 2024

Bandung, GPriority.co.id – Sebagai langkah mengoptimalisasi proses penjaminan mutu lembaga melalui akreditasi secara sistematis dan masif, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menargetkan sebanyak 1.040 lembaga terakreditasi pada tahun 2024.

Dalam arahannya pada Rapat Koordinasi Nasional Akreditasi Lembaga Akreditasi Lembaga Pelatihan Kerja (LA-LPK) dan Komite Akreditasi Lembaga Pelatihan Kerja (KA-LPK) di Kota Bandung, Selasa (6/3), Menteri Ida mengatakan tugas besar pihaknya ialah menyiapkan tata kelola kelembagaan yang baik, sarana prasarana, serta menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) assesor akreditasi yang profesional, kompeten dan berkualitas menuju Indonesia Emas 2045.

Menurutnya, sejak tahun 2018 sampai tahun 2023, pihak Kemnaker sudah mengakreditasi sebanyak 4.252 lembaga pelatihan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia baik untuk Balai Latihan Kerja (BLK) Pemerintah dan LPK Swasta. Hal tersebut sesuai Permenaker Nomor 5 tahun 2022 tentang akreditasi lembaga pelatihan menekankan agar kompetensi yang dihasilkan dari pelatihan, mendapatkan pengakuan dari dunia usaha atau dunia industri.

“Agar menghasilkan output pelatihan yang kompeten dan mendapatkan pengakuan, maka diperlukan lembaga yang berkualitas, kredibel dan bermutu melalui penjaminan mutu akreditasi,” ujarnya dilansir dari laman Kemnaker.

Akreditasi, jelasnya, merupakan proses pemberian pengakuan formal yang menyatakan bahwa suatu lembaga telah memenuhi persyaratan dalam melaksanakan pelatihan kerja. Persyaratannya mengacu delapan standar Kerangka Mutu Pelatihan Indonesia (KMPI). “Melalui akreditasi LPK ini, diharapkan akan tercipta link and match dengan industri yang ada di sekitar lembaga pelatihan,” pungkasnya.

Rakornas Akreditasi yang mengambil tema ‘Mewujudkan Lembaga Pelatihan yang Kredibel dan Bermutu melalui Akreditasi’ ini sendiri bertujuan untuk menyiapkan SDM asessor akreditasi, mengevaluasi pelaksanaan akreditasi, menghimpun masukan dari komite akreditasi di setiap Provinsi.

Foto: Kemnaker