Kenali Tourette Syndrome, Gangguan yang Dialami Billie Eilish

Jakarta,GPriority.co.id – Tourette syndrome merupakan gangguan kesehatan terhadap saraf neurologis yang ditandai dengan gerakan involunter atau berulang-ulang. Gejala utama dari penyakit ini adalah gerakan tics seperti kedutan, gerakan, atau suara yang dikeluarkan secara berulang kali.

Pada tahun 2018 lalu, penyanyi asal Amerika Serikat, Billie Eilish mengungkapkan bahwa ia mengidap Tourette syndrome. Dalam pernyataannya itu ia mengatakan bahwa ia tengah mengalami gangguan tic sejak kecil.

Penyebab seseorang mengalami gangguan kesehatan ini belum diketahui pasti, tetapi para ahli memiliki dugaan kuat bahwa penyebabnya pada kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Selain faktor keturunan, dugaan kuat lainnya ialah ketidakseimbangan neurotransmitter antara dopamin dan serotonin.

Gejala utama tics memiliki variasi sesuai tingkat keparahannya, mulai dari ringan hingga berat. Gejala tics juga diklasifikasikan menjadi empat jenis yaitu:

Motoric Tics: Jenis ini memengaruhi gerakan tubuh, seperti berkedip, mengangkat bahu, atau menyentak lengan.

Vocal Tics: Jenis ini menyebabkan pengidap sindrom ini membuat suara tertentu, seperti bersenandung atau meneriakkan suatu kata.

Simple Tics: Gerakan tics juga bisa dikategorikan sebagai tics simpel karena hanya melibatkan beberapa bagian tubuh, seperti menyipitkan mata atau mengendus bau.

Complex Tics: Gerakan ini biasanya melibatkan beberapa bagian tubuh sekaligus, seperti mengayunkan kepala yang dilanjutkan dengan menyentakkan lengan atau melompat.

Gangguan Tourette syndrome hanya bisa disembuhkan dengan terapi. Pengidap sindrom ini akan lebih difokuskan untuk mengatasi gerakan tics. Terapi menjadi salah satu perawatan yang perlu dijalankan oleh pengidap sindrom ini. (Hn.)