Penulis : Ponco | Editor : Lina F | Foto : KCIC
Jakarta, GPriority.co.id – Semakin diminati. Belum genap sebulan beroperasi, Kereta Cepat Whoosh tercatat pada 12 November, telah melayani jumlah penumpang mencapai 21.312 orang per hari. Jumlah tersebut dicapai melalui pengoperasian 36 jadwal perjalanan dengan rincian, 28 perjalanan reguler dan 8 perjalanan tambahan.
“Angka volume penumpang tersebut menjadi capaian kinerja angkutan tertinggi selama Kereta Cepat Whoosh beroperasi. Sebelumnya, volume penumpang tertinggi terjadi pada 11 November sebanyak 20 ribu penumpang dan 4 November di 18 ribu Penumpang,” ungkap Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa dalam keterangan resminya di Jakarta, pada Minggu (12/11).
Menurut Eva, dibandingkan pekan lalu terjadi peningkatan jumlah penumpang kereta cepat Whoosh sebesar 18% atau sebanyak 3.259 penumpang. Dari sisi jumlah perjalanan, terjadi peningkatan jumlah perjalanan sebesar 12% dari 32 perjalanan di 4 November menjadi 36 perjalanan di 11 dan 12 November. Peningkatan jumlah penumpang tersebut seiring dengan adanya peningkatan jumlah perjalanan di akhir pekan.
“Kereta Cepat Whoosh kini menjadi salah satu moda transportasi pilihan masyarakat untuk melakukan perjalanan Jakarta-Bandung dan sebaliknya,” ujar Eva.
Berdasarkan data dari pihak PT KCIC, untuk tiket terjual, dari 21.312 penumpang, 497 penumpang atau 2,3% diantaranya merupakan penumpang first class, 886 penumpang atau 4,2% penumpang business class, dan 19.929 penumpang atau 93,5% penumpang premium economy class. Rata-rata okupansi masing-masing perjalanan mencapai 98,5%.
Adapun untuk jadwal tertentu okupansinya mencapai 100% atau terjual habis. Melihat tingginya permintaan penumpang tersebut, KCIC secara berkala juga melakukan evaluasi khususnya terkait jadwal dan jumlah perjalanan kereta.
“PT KCIC berharap, ke depannya penumpang akan tetap terus tinggi dan semakin banyak yang terbantu dengan kehadiran Kereta Cepat Whoosh, termasuk peningkatan dari berbagai sektor seperti pariwisata, UMKM dan lainnya,” ucap Eva.