Keripik Pisang Kota Bandar Lampung Laris Manis di Event Indonesia City Expo (ICE) 2024 Balikpapan

Jakarta, GPriority.co.id – Indonesia City Expo 2024, merupakan event hasil inisiasi dari Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), yang tahun ini diadakan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Salah satu provinsi yang turut bergabung dan hadir dengan boothnya, yaitu Kota Bandar Lampung. Diakui oleh Oktrania Ningrum, Staf Dinas Perindustrian Bandar Lampung, membawa produk unggulan dari daerahnya.

“Untuk dari sandangnya kita punya sulam usus, tapis, aksesoris dari tapis. Makanannya juga banyak dari produk unggulan seperti kopi, keripik pisang, ada kemplang, terus juga ada emping melinjo, dan macam-macam produk unggulan kota Bandar Lampung lainnya,” ujar Ningrum.

Semua produk yang dibawa oleh perwakilan Kota Bandar Lampung, merupakan hasil dari UMKM. Salah satunya seperti produk kerajinan yang merupakan handmade.

“Kalau untuk pembuatan tapis itu bisa menghabiskan waktu 3-6 bulan, karena memang benar-benar dikerjakan oleh tangan. Kalo untuk ekspor, kita belum ekspor. Tapi memang ada permintaan untuk dibawa ke luar negeri,” jelasnya.

Diakui Ningrum, antuasias pengunjung di booth Bandar Lampung pada event ICE 2024 pun cukup baik, hingga banyak yang memborong produk unggulan dari Kota Bandar Lampung.

“Alhamdulillah ini sudah sisa setengah dari awal dibawa. Yang paling unik dodol, karena buatnya cukup susah dan memakan waktu hingga 3 jam. Kebetulan kita juga tidak pakai perasa atau pemanis. Jadi ini asli. Makanya tahannya juga cuma dua bulan,” tutur Ningrum.

Sementara itu, keripik menjadi produk yang menurut Ningrum paling laris di booth Bandar Lampung pada acara ICE 2024.

“Kalau yang paling laris itu keripik sih. Keripik pisang. Karena itu unggulannya, juga jadi ciri khas. Karena orang disini mintanya dan nyarinya keripik,” tutupnya.

Foto : Istimewa / GPriority.co.id