KIS Digital, Permudah Urusan Kesehatan


Jakarta,GPriority.co.id-BPJS Kesehatan merupakan salah satu Badan Hukum Publik yang menggelar pameran di Apkasi Otonomi Expo (AOE) yang digelar di JCC pada 20 hingga 22 Juli 2022.

Berdasarkan pantauan GPriority, salah satu produk yang dipamerkan adalah Kartu Indonesia Sehat (KIS) Digital.

Menurut Christine Julyana,Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kantor Cabang Jaksel yang ditemui di stand BPJS pada Jum’at (22/7/2022) yang melatarbelakangi BPJS membuat KIS Digital adalah perkembangan jaman.” Saat ini semuanya serba digital, jadi mau tidak mau kita juga mengikuti perkembangan jaman,” jelas Christine Julyana.

Hadirnya KIS Digital menurut Christine mempermudah peserta dalam urusan kesehatan,” Kalau peserta datang megang kartu tentunya akan lebih repot saat melakukan pengurusan kesehatan. Namun dengan adanya KIS Digital yang terdapat di dalam smartphone maka mempermudah pelayanan, terlebih jika kartunya tertinggal ,” kata Christine Julyana.

Untuk mendapatkan KIS Digital, para peserta harus mendownload Aplikasi JKN. Menariknya di JKN, ada semua KIS anggota keluarganya sehingga tidak perlu repot menunjukkan mana kartu yang digunakan untuk pengurusan kesehatan.” Tinggal pilih siapa yang akan mendapatkan pelayanan pada saat itu,” ucapnya.

Untuk melakukan pendaftaran sangat mudah tinggal memasukkan nomor kartu BPJS Kesehatan atau nomor induk penduduk, setelah itu melakukan registrasi hingga mendapatkan verifikasi melalui handphone atau email yang sudah didaftarkan pada BPJS kesehatan.

Lantas bagaimana kalau nomor dan emailnya beda? Christine menjawab harus melakukan update terlebih dahulu sehingga bisa login ke aplikasi JKN. Untuk melakukan update bisa dilakukan dengan WhatsApp bernama Pandawa sehingga tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan.

Terkait dengan peserta mandiri yang sudah tidak aktif lagi namun mau mengaktifkan keanggotaannya, Christine mengatakan harus tinggal melunasi tunggakannya saja, namun kalau tunggakannya cukup besar, Christine menyarankan untuk mengikuti program rehab yang ada di aplikasi mobile JKN.” Caranya sangat mudah tinggal login pilih menu rehab setelah itu bisa mencicil tunggakan namun kepesertaan langsung diaktifkan tanpa menunggu lunas terlebih dahulu,” tutup Christine.(Hs.Foto.Hs)

Related posts