Kota Cilegon Targetkan Smart City di Akhir Tahun 2021

Kota Cilegon Targetkan Smart City di Akhir Tahun 2021

Wali Kota Cilegon, Provinsi Banten, Helldy Agustian menargetkan kota cerdas atau smart city di Kota Cilegon pada akhir tahun 2021 atau di awal tahun 2022.

Hal tersebut Ia ungkapkan saat menghadiri pembukaan acara Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), di Hotel The Rich Jogja, Rabu (13/10/21).

“Targetnya di akhir tahun ini atau awal tahun 2022 sudah selesai (smart city)” ujarnya.

Menurutnya smart city di Kota Cilegon mengikutin arahan dari pemerintah pusat, dan menginginkan agar Kota Cilegon dapat menerapkan instruksi tersebut.

“Untuk Cilegon kita memang lagi tahapan untuk memenuhi standarisasi, kemarin juga kami sempat ke Makassar sudah pernah ke Banyuwangi untuk mempelajari hal ini, nanti kita coba terapkan di kota Cilegon,” katanya.

Sebenarnya Cilegon pada dasarnya sudah melaksanakan smart village, namun menurutnya hal tersebut belum diterapkan secara maksimal.

“Jadi kita bisa melihat setiap data di daerah Kota Cilegon, Rt, Rw, kelurahan. Supaya data-data itu tidak selalu global, data kemiskinan, pengangguran di daerah mana tertua, kemudian anak yatim terbanyak di daerah mana, kita menggunakan sistem. Nah, sistem tersebut sudah kita buat tinggal nanti mengaplikasikannya menjadi satu,” tutupnya. (Dw.foto.dok.Dw GP)

Related posts