Kutai Timur Melakukan Kunjungan Ke Telkomsel Terkait Pengembangan Smart City

Jakarta,Gpriority-Mendapat predikat Smart City,tidak membuat Kabupaten Kutai Timur berpuas diri. Justru Kutai Timur terus melakukan pengembangan terkait Smart City.

Berbekal alasan tersebut, Rombongan Pemerintah Daerah Kutai Timur yang dipimpin langsung oleh Bupati Ismunandar pada Selasa malam (25/6) melakukan kunjungan ke Telkomsel yang terletak di Gunung Sahari,Jakarta Pusat.

Dijelaskan oleh Kepala Dinas Kominfo Perstik Kutai Timur Ir Suprihanto Ces, kunjungan Kutai Timur ke Lab Smart City Telkomsel untuk belajar mengenai apa saja yang sudah diterapkan Telkomsel untuk pengembangan Smart City di Kutai Timur.

Di Lab Smart City Telkomsel banyak sekali pembelajaran yang didapat untuk dipraktekkan di Kutai Timur.Untuk itulah Bupati beserta rombongan melakukan diskusi mengenai pembelajaran Smart City apa saja yang bisa diterapkan di Kutai Timur.

“Masing-masing SKPD akan berkumpul untuk menentukan alat apa saja yang akan digunakan oleh instansi mereka di Kutai Timur terkait Smart City,”jelas Suprihanto.

Bupati Ismunandar sendiri menyambut dengan sangat antusias kunjungan ke Telkomsel ini. Menurut Ismunandar banyak sekali pelajaran-pelajaran terkait Smart City yang dibisa diterapkan di Kutai Timur. Salah satunya adalah manggoesky.Mangoesky merupakan solusi akses internet broadband berbasis satelit yang dapat dinikmati oleh masyarakat, khususnya di wilayah yang belum terjangkau oleh jaringan kabel ADSL, fiber optik, maupun layanan mobile kecepatan tinggi lainnya.

” Ini dinilai cocok untuk Kutai Timur karena mangoesky mampu memberikan solusi bagi masyarakat yang tinggal di daerah rural atau 3T (Terluar, Terdepan & Tertinggal) baik untuk pelanggan retail, perumahan, cafe/villa, UKM/SME, sekolah, kantor pemerintahan dan korporasi,” ujar Ismunandar.

Selain manggoesky, aplikasi pajak online yang diinginkan Bapenda seperti dituturkan Suprihanto bisa juga diterapkan di Kutai Timur. “Sedangkan Kominfo menginginkan Smart Goverment,” tutup Suprihanto.(Hs)

Related posts