Langkah Srategis Pemerintah Pusat Dalam Memberantas Narkoba

Jakarta,Gpriority-Tepat 28 Juni 2021, Indonesia dan seluruh negara di belahan dunia memperingati  Hari Anti Narkotika Internasional (HANI). Berbeda dengan 2 tahun sebelumnya, karena masih mengalami pandemi, Badan Narkotika Nasional (BNN) memperingatinya secara virtual.

Nampak hadir secara virtual dalam peringatan tersebut, Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Dalam sambutannya, Ma’ruf Amin meminta Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk melakukan langkah-langkah strategis dalam pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan obat-obatan terlarang (narkoba) di Tanah Air.

Terkait hal tersebut, Ma’ruf Amin meminta kepada BNN untuk menjalankan 4 langkah strategis sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 2 tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN). Adapun langkah yang dimaksud adalah Pertama, memperkuat intervensi ketahanan keluarga melalui edukasi  mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba. Kedua, mengintervensi daerah bahaya narkoba agar menjadi daerah yang bersih dari penyalahgunaan narkoba.

Ketiga, meningkatkan penyediaan layanan rehabilitasi melalui intervensi berbasis masyarakat, meningkatkan dan mempertahankan kualitas layanan rehabilitasi sesuai standar nasional, yang didukung dengan peningkatan kualitas SDM dalam pelaksanaan rehabilitasi.  Dan Keempat, memperkuat dan memperluas jejaring kerja sama pencegahan dan pemberantasan narkotika baik pada level dalam negeri, domestik, maupun internasional.

Ma’ruf Amin yakin jika ini dijalankan denganbaik, maka segala jenis peredaran narkoba di Indonesia akan hilang.(Hs.Foto.BPMI Wapres)

Related posts