Lestarikan Tradisi Adat Lampung Barat Melalui Festival Sekala Bekhak

Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menggelar event tahunan Festival Sekala ke-7 secara langsung di Kebun Raya Liwa, Kecamatan Balik Bukit, dan secara virtual, pada Senin (25/10/2021).

Event tersebut dibuka langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno melalui video conferensi/virtual.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menetapkan Festival Sekala Bekhak menjadi satu-satunya festival dari Provinsi Lampung yang masuk kalender event nasional 2021 dari beberapa festival besar di Indonesia.

Terkait hal tersebut Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus mengatakan bahwa hal tersebut merupakan prestasi dan juga kebanggaan.

“Ini merupakan prestasi dan kebanggaan bagi kita semua, dan merupakan apresiasi dari pemerintah pusat,” ujarnya.

Parosil mengatakan, selain menjadi hiburan masyarakat, festival ini juga upaya untuk melestarikan seni budaya dan mempertahankan warisan kepada generasi mendatang dengan mempertahankan tradisi dan kearifan lokal.

“Semoga ke depan akan kita perbanyak lagi gelaran-gelaran tradisi lainnya yang belum tergali, seperti hiburan serdam, hahiwang dan lain sebagainya,” harapnya.

Mengusung tema ‘Menikmati Alam dan Budaya Bumi Sekala Bekhak, Tangguh Melawan Pandemi, Tumbuh Bersama Menuju Pariwisata Hebat’, Bupati berharap festival ini menjadi semangat untuk tumbuh kembali dengan normal baru setelah dilanda pandemi.

“Lampung Barat adalah the origin of Lampung. Belum lengkap rasanya bila berkunjung ke lampung belum sampai ke bumi sekala bekhak Lampung Barat,” tuturnya.

Selain itu, banyak potensi wisata juga yang belum tergali, baik dari wisata alam maupun kekayaan budayanya.

“Hal ini menjadi PR kita bersama untuk bersama kita menggali melestarikan dan menduniakan lampung barat dengan segala potensinya,” tuturnya. (Dw.foto.dok. Priwisata Lampung Barat)

Related posts