Liburan Sambil Belajar di 9 Destinasi Ekowisata Indonesia. Berikut Daftar Selengkapnya

Jakarta,GPriority.co.id – Ecotourism atau ekowisata adalah salah satu kegiatan pariwisata yang mengandalkan pengenalan terhadap lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, pemberdayaan ekonomi, budaya, dan sosial masyarakat serta aspek pembelajaran dan pendidikan.

Ekowisata memiliki prinsip yang menyatukan konservasi lingkungan hidup, pengembangan masyarakat dan wisata yang berkelanjutan. Dengan demikian, ekowisata sangat diperuntukkan bagi wisatawan yang ingin melestarikan lingkungan hidup. Berikut 9 destinasi ekowisata di Indonesia:

1. Tangkahan, Sumatera Utara
Kawasan wisata Tangkahan disebut sebagai surga tersembunyi di Sumatera Utara. Destinasi ini sangat populer bagi wisatawan asing yang tertarik akan konservasi alam. Di kawasan ini masih tergolong asli dengan hutan-hutan yang masih alami sebagai habitat gajah liar.

Di kawasan ini juga para wisatawan bisa melakukan berbagai macam aktivitas mulai dari trekking, river tubing, berkemah, hingga memandikan gajah yang bisa dicoba.

2. Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah
Taman Nasional Tanjung Puting memiliki luas sekitar 415 hektare. Di taman nasional ini ada beberapa tipe ekosistem, mulai dari hutan hujan tropis, dataran rendah, hutan tanah kering, hutan rawa air tawar, hutan bakau, hutan pantai, dan hutan sekunder.

3. Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur
Taman Nasional Komodo yang berada di Nusa Tenggara Timur sudah pasti masuk dalam jajaran destinasi ekowisata. Taman nasional ini sebenarnya terdiri dari tiga pulau besar, yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar.

Selain menjadi habitat untuk komodo, Taman Nasional Komodo juga menjadi rumah bagi ratusan spesies hewan darat lainnya seperti ular, kadal, tikus Rinca, kuda, kerbau, babi hutan, kelelawar buah, rusa Timor, dan lebih dari 40 spesies burung.

4. Taman Nasional Way Kambas, Lampung
Destinasi ekowisata berikutnya adalah Taman Nasional Way Kambas, Lampung. Ditempat ini wisatawan bisa melihat langsung beberapa hewan yang dilindungi dan keberadaannya hampir punah diantaranya adalah harimau sumatera dan badak sumatera.

5. Raja Ampat, Papua Barat
Keindahan alam yang sempurna dengan hamparan pasir pantai dan laut biru yang memanjakan mata membuat Raja Ampat tergolong destinasi wisata terbaik yang wajib dikunjungi. Dikawasan ini wisatawan bisa menikmati pemandangan bawah air laut yang sangat indah untuk melihat aneka biota laut.

6. Kawah Ijen, Jawa Timur
Destinasi ekowisata lainnya yang wajib masuk bucket list adalah Kawah Ijen, Banyuwangi. Di sini Anda bisa menyaksikan secara langsung sebuah fenomena langka yang disebut api biru. Fenomena api biru atau blue fire adalah fenomena langka yang hanya ada dua di dunia, yaitu di Indonesia dan Islandia.

7. Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh
Taman Nasional Gunung Leuser merupakan destinasi wisata paket lengkap, karena wisatawan bisa melihat pantai, gunung, danau, sungai, bahkan sumber mata air panas. Taman nasional ini merupakan rumah bagi flora dan fauna langka seperti kucing hutan, siamang, harimau sumatera, badak sumatera, kambing hutan, dan lainnya.

8. Pulau Nusa Penida, Bali
Pulau Nusa Penida, Bali dikelilingi oleh deretan perbukitan dan hamparan lautan luas. Pulau kecil ini memiliki daya tarik yang luar biasa berupa pantai pasir putih yang eksotis dan pemandangan yang menakjubkan dari atas tebing di bagian selatan Pulau Nusa Penida yang menghadap ke Samudra Hindia.

9. Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara
Destinasi ekowisata yang terakhir adalah Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara. Di kawasan ini terdapat banyak sekali terumbu karang yang indah serta puluhan jenis ikan yang menjadi tujuan utama wisatawan jika berkunjung ke taman nasional ini. (Hn.Foto.Istimewa)

Related posts