Tingkatkan Literasi Anak Papua, Kemensos Buat Program Papua Digital Club


Jakarta,GPriority.co.id – Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) tengah bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Papua melalui Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Jayapura dalam membuat program Papua Digital Club untuk tingkatkan literasi digital anak-anak di Papua.

Program ini merupakan kerjasama Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah dalam meningkatkan literasi dan minat baca kepada anak-anak. Papua Digital Club adalah sebuah program besutan Kemensos untuk memberikan edukasi dan pengenalan dasar komputer, perangkat lunak, serta internet terhadap anak-anak SD, SMP serta SMA.

Program Papua Digital Club akan dilaksanakan secara bertahap sejak 13 Juni – 22 Agustus 2022 di BBPPKS Jayapura, dan sekolah pertama yang menjadi tujuan awal program ini diselenggarakan adalah SDN Inpres Yotefa, Jayapura.

Siswa-siswi SD Negeri Inpres Yotefa akan mendapatkan serangkaian pelatihan sebanyak 12 kali pertemuan dengan materi seputar pengetahuan komputer dan internet sehat seperti mesin pencari informasi, media sosial, keamanan pengguna anak, dan internalisasi Pancasila dan Kebhinekaan Tunggal Ika.

“Kami senang anak-anak di sini dilibatkan dalam kegiatan pelatihan komputer ini. Selama ini belum pernah ada kegiatan seperti ini, dan semoga mereka nanti memiliki kemampuan mengoperasikan komputer dengan baik,” kata Mariana Tin Wambrauw, Kepala Sekolah SDN Inpres Yotefa yang dikutip dari Instagram Kemensos.

Kemensos berharap, dengan adanya Papua Digital Club anak-anak bisa mengembangkan kemampuan, menumbuhkan budaya literasi, dan menciptakan ruang bermedia digital yang aman bagi mereka semua. (Hn.Kemensos)

Related posts