Lomba Daerah Berinovasi, Bentuk Dukungan Kemendagri Menuju Kehidupan Normal Baru

Jakarta,gpriority-New Normal atau normal baru yang digaungkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat sambutan hangat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan berencana menggelar lomba daerah berinovasi.

Dijelaskan Kepala Pusat Litbang Inovasi Daerah, Matheos Than, ide  lomba yang akan digelar Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kemendagri berasal dari rapat bersama dengan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Tujuan diadakan lomba ini untuk pemangku kepentingan yang belum menerapkan aturan agar segera berinovasi dan beradtasi.

“ Di sisi lain, lomba ini untuk menilai pencegahan Covid-19 melalui protokol yang telah dibuat pemerintah daerah,” ucap Matheos.

Matheos juga mengatakan Peserta dari lomba ini terdiri dari seluruh pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten/kota, termasuk daerah tertinggal atau perbatasan.

“ Bentuk dari inovasi yang dinilai terbagi dalam 7 kategori  dengan pengelolaannya menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Di antara jumlah tersebut, yaitu pengelolaan pasar tradisional, mal, sekolah, restoran, hotel, tempat wisata, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Ke-7 kategori ini dapat diikuti oleh pemerintah daerah, baik provinsi, kabupaten/kota termasuk daerah tertinggal/perbatasan sesuai dengan kondisinya masing-masing,” jelas Matheos.

Matheos juga mengatakan, secara garis besar, penilaian lomba  inovasi ini meliputi proposal ide inovasi, standar operasional atau prosedural petunjuk dan teknis, serta video inovasi berdurasi 5 sampai 15 menit yang sudah terunggah ke dalam sistem penilaian berbasis website. Selain itu, penilaian ini menekankan pada inovasi yang dapat diamati, ditiru, dan  dimodifikasi, baik sebagian atau seutuhnya.

“Lomba sendiri rencananya akan berlangsung dari 8 Juni dan akan diumumkan pada 28 Juni 2020,” tutup Matheos.(Hs.Foto.dok.Humas Kemendagri)

 

 

Related posts