Makanan dan Minuman yang Dianjurkan Saat Sahur

Di Bulan Ramadhan ini umat islam diwajibkan menjalankan puasa dari mulai terbit fajar sampai dengan terbenamnya matahari.

Biasanya sebelum menjalankan puasa kita dianjurkan untuk melaksanakan sahur sebagai bekal untuk menunaikan ibadah puasa selama seharian penuh. Maka dari itu asupan gizi saat sahur menjadi salah satu poin penting agar kita selalu fit dan juga sehat saat menjalankan puasa.

Berikut ini beberapa makanan yang dianjurkan saat sahur agar nutrisi dan cairan dalam tubuh tetap terjaga meskipun tidak makan seharian.

1. Kurma

Kurma merupakan makanan yang diajurkan oleh Nabi Muhammad SAW saat sahur. “Rasulullah SAW bersabda: Sebaik-baik sahurnya orang mukmin adalah kurma.” (HR. Abu Daud).

Kurma sendiri memiliki citarasa yang manis dan menyegarkan, dalam kandungannya terdapat tiga jenis gula yang baik untuk tubuh, yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Ketiganya memiliki perannya masing-masing. Seperti glukosa untuk meningkatkan kadar gula dalam darah. Sedangkan fruktosa dan sukrosa untuk menstabilkan kadar gula yang berlebihan. Selain baik dikonsumsi saat sahur kurma juga baik dikonsumsi saat berbuka puasa.

2. Makanan Berprotein

Makanan yang mengandung protein tinggi memiliki peran untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas selama menjalankan ibadah puasa seharian. Makanan yang berpotein juga disinyalir akan membuat perut kenyang lebih lama. Makanan berprotein tersebut seperti tempe, tahu, kacang-kacangan, telur, dada ayam, ikan, udang, dan lain-lain.

3. Makanan Karbohidrat Kompleks

Jenis makanan yang satu ini cocok dikonsumsi saat sahur karena makanan yang mengandung karbohidrat kompeks dapat dicerna lebih lambat oleh pencernaan. Kondisi tersebut dapat menyebabkan kita merasakan kenyang lebih lama saat menjalani ibadah puasa dan mendapatkan energi yang lebih banyak. Ada beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks, seperti nasi putih, nasi merah, oatmeal, kentang, dan roti gandum.

4. Sayuran dan Buah

Sayur dan buah memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya, seperti kalium, asam folat, vitamin A, vitamin E, vitamin C, dan magnesium. Sayuran yang ditumis ataupun dijadikan sup sangat baik untuk dikonsumsi. Untuk buah-buahan juga dapat dikonsumsi secara utuh atau dijadikan sebagai jus juga baik.

5. Air putih

Kekurangan cairan bisa menyebabkan badan menjadi lemas dan merasakan kantuk. Agar tubuh tetap terhidrasi saat berpuasa, dianjurkan untuk tetap mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter air atau setara dengan 8 gelas per hari. Yaitu dengan minum 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat buka, dan 4 gelas di malam hari. Hindari minum teh atau kopi karena dapat meningkatkan produksi urin sehingga menaikkan frekuensi buang air kecil.

6. Konsumsi Susu

Susu bisa dibilang sebagai pelengkap makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari vitamin A yang baik untuk kesehatan kulit dan mata, vitamin B, hingga vitamin D yang dapat membantu penyerapan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain menyumbang asupan cairan, segelas susu saat sahur dapat memperkuat daya tahan tubuh selama berpuasa. Susu yang dikonsumsi seperti susu tanpa lemak atau susu nabati seperti susu kedelai yang mengandung protein.(Dwi)

Related posts