Malut Bakal Gelar Festival di Desa Nelayan Pastabulu Pertama Kalinya

Jakarta,GPriority.co.id – Kecamatan Mangoli Utara, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara sebentar lagi akan menggelar Festival Desa Nelayan Pastabulu untuk pertama kalinya yang bertajuk “Mendulang Emas Biru, Nelayan Tumbuh, Ekonomi Maju” pada 23-28 Agustus 2022.

Kepala Desa Pastabulu, Hamdani Umasugi mengatakan bahwa pelaksanaan Festival Desa Nelayan Pastabulu bertujuan untuk mengembangkan potensi hasil lautnya yang melimpah.

“Dengan adanya festival ini, maka akan menarik para wisatawan untuk menyaksikan keindahan dan kekayaan alam di desa. Namun kami belum menargetkan pengunjung yang akan hadir, dan masih dalam tahap promosi untuk dikenalkan diluar sana,” kata Hamdani dalam pernyataannya dengan media lain, Senin, (18/7/2022).

Hamdani kemudian menambahkan, setelah festival ini sukses dilaksanakan, pihaknya akan mengusulkan ke Pemerintah Kabupaten Sula agar Desa Pastabulu diusulkan masuk nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023 ke Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Kami (pemerintah desa) dan seluruh lapisan masyarakat telah menyiapkan festival ini sejak awal tahun, terutama urusan promosi karena Desa Pastabulu belum banyak diketahui wisatawan dengan potensi wisata bahari dan hasil laut yang melimpah,” ujarnya.

Selain Malut, beberapa masyarakat dari Ternate juga datang ke Mangoli Utara untuk membantu menyukseskan festival ini. Mereka membina dan mendidik masyarakat Desa Nelayan Pastabulu dalam bidang Sosial Budaya serta pentas kesenian. (Hn.)

Related posts