Menag Yaqut Optimis Produk Halal Indonesia Tembus Pasar Jepang

Penulis: Dimas | Editor: Lina F | Foto: Kemenag.go.id

Jakarta, GPriority.co.id – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas optimistis produk halal Indonesia mampu tembus pasar Jepang. “Kemarin saya membicarakan beberapa peluang kerja sama antara Indonesia dan Jepang dalam konteks industri halal. Dan saya optimis industri halal Indonesia di masa mendatang dapat berkembang di Jepang,” ujarnya di Bandara Soekarno Hatta saat usai melaksanakan lawatan ke negeri sakura tersebut, Minggu (16/7).

Dalam kunjungan kerjanya ke Jepang, Menag didampingi Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Muhammad Aqil Irham. Di sana Yaqut juga sempat bertemu dengan otoritas halal di Jepang serta Dubes Indonesia di KBRI Tokyo.

“Saya juga sudah bicara dengan Pak Dubes Heri Akhmadi. Kita akan membuat rencana-rencana ke depan untuk membuka peluang bagi UMKM Indonesia agar dapat memasukkan hasil produksi mereka ke Jepang, dalam konteks industri halal ini,” jelasnya.

Selain itu, Yaqut juga berkesempatan untuk memantau proses asesmen BPJPH terhadap dua Lembaga Halal Luar Negeri (LHLN) di Jepang. Dua lembaga tersebut, adalah Japan Islamic Trust (JIT) dan Japan Muslim Association (JMA).