Merasa Pendek? 5 Olahraga Ini Bisa Tambah Tinggi Badan

Jakarta, GPriority.co.id – Terlahir dari keluarga yang tidak tinggi bukan menjadi suatu penghalang untuk tumbuh tinggi. Memang faktor tinggi badan dipengaruhi oleh keturunan genetik, tetapi ini bukan hal paten. Faktor lingkungan juga berpengaruh dalam tumbuh kembang tiap manusia. Salah satunya dengan memanfaatkan olahraga.

Olahraga dapat membantumu untuk menambah tinggi badan. Lalu olahraga apa saja yang terbukti dapat menambah tinggi badan?

1.Basket
Merangkum dari hellosehat, olahraga basket memaksa kamu berlari dan melompat untuk menggapai ring basket guna mencetak angka. Peregangan otot akan terjadi bila melakukan lompatan dan ketika menyentuh tanah akan terjadi kontraksi yang membuat otot dan tulang lebih tinggi.

2.Renang
Masih dari sumber yang sama, berenang adalah olahraga air yang dapat membantu kamu mencapi postur tubuh yang baik. Ketika berenang, kamu membutuhkan tenaga lebih untuk bergerak di dalam air sehingga kamu akan menggunakan semua otot untuk bergerak. Posisi renang berada pada posisi melawan gravitasi yang harus bergerak secara horizontal, tubuh bagian atas dan dada melakukan pergerakan konstan yang dapat meningkatkan pertumbuhan tubuh bagian atas.

3.Lompat Tali
Seperti namanya, lompat tali adalah olahraga paling sederhana untuk menaikan tinggi badan. Gerakan lompat tali yang konstan hampir sama dengan olahraga basket akan mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan. Lompat tali cenderung memusatkan lompatan pada gerak tubuhnya dan gerakan memutar tali pada bagian lengan dan tangan.

4.Pull Up (Bergelantung)
Cara terbaik untuk bergelantung dengan melakukan pull up selama 10 menit perhari. Pull up dapat meregangkan otot-otot dalam tubuh dan meluruskan serta memanjangkan tulang bagian belakang.

5.Yoga
Beberapa gerakan yoga yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tulang menurut hellosehat adalah mountain pose, triangle pose, tree pose, Surya Namaskar, Adho Mukha Syanasana, Chakrasana, dan pose lainnya dapat membantu dalam membetulkan postur tubuh serta menambah tinggi badan seseorang.


Itulah 5 olahraga yang dapat menambah tinggi badan kamu. Lakukan dengan rutin dan imbangi olahraga ini dengan mengonsumsi vitamin, makanan, dan minuman yang dapat membantu pertumbuhan tinggi badan dengan optimal. (Gs.Foto.Istimewa)

Related posts