Meredakan Gejala Flu hingga Nyeri Ketika Menstruasi, Ini 6 Manfaat Teh Chamomile yang Baik Bagi Kesehatan

Jakarta,GPriority.co.id – Bagi kamu penikmat teh, pasti sudah tidak asing dengan yang namanya teh chamomile.

Ada dua jenis teh chamomile yaitu chamomile yang berasal dari Roma dan Jerman. Jenis yang biasa digunakan sebagai teh adalah chamomile yang berasal dari Jerman, karena chamomile dari Roma digunakan sebagai minyak esensial dan pewarna.

Teh chamomile merupakan teh dari kelopak bunga chamomile yang memiliki sejarah panjang sejak zaman Mesir kuno.

Kelopak bunga chamomile juga dipercaya sebagai obat oleh masyarakat Jepang pada zaman dahulu. Perkembangan teh chamomile tentunya sudah dilakukan secara turun-menurun karena diketahui memiliki manfaat bagi kesehatan.

Teh chamomile mengandung senyawa aktif yang ada di dalamnya seperti azolin, bisabolol, apigenin, dan luteolin. Berkat kandungannya tersebut, teh chamomile berkhasiat sebagai antiradang, antimikroba, antioksidan, dan antikanker.

Berikut 6 manfaat teh chamomile bagi kesehatan:

1. Memiliki khasiat relaksasi
Teh chamomile dipercaya memiliki khasiat sebagai relaksasi. Karena itu, teh chamomile dapat meningkatkan kualitas tidur, memperpanjang waktu tidur, sekaligus mengatasi insomnia.

Khasiat relaksasi pada teh chamomile bisa tidak efektif jik dikonsumsi oleh orang mengalami masalah kesehatan tertentu seperti depresi, gangguan bipolar, sleep apnea, atau hipertiroidisme.

2. Membantu meredakan gejala flu
Gejala flu biasa seperti hidung tersumbat dan sakit kepala bisa diatasi dengan mengonsumsi teh chamomile hangat. Khasiat antiradang yang dimiliki teh chamomile mampu mengurangi gejala dan mendukung proses pemulihan saat terkena flu.

3. Menjaga kelancaran sistem pencernaan
Teh chamomile dipercaya bisa mencegah dan mengatasi berbagai masalah pencernaan terutama penyakit asam lambung, diare, dan mual.

Manfaat teh chamomile ini diduga berasal dari efek antiradang di dalamnya yang dapat mengurangi keasaman di lambung dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab tukak lambung.

4. Meredakan nyeri menstruasi
Teh chamomile kerap digunakan untuk mengurangi gejala nyeri menstruasi termasuk kram perut. Beberapa penelitian mengatakan bahwa minum teh chamomile dapat mengurangi kecemasan yang terjadi selama periode menstruasi.

5. Mengontrol kadar gula darah
Mengonsumsi teh chamomile setiap hari dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum teh chamomile setiap hari setelah makan memiliki kadar gula yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan orang yang hanya minum air biasa

6. Mengurangi risiko penyakit kanker
Teh chamomile memiliki senyawa aktif yang berkhasiat sebagai antikanker dan antioksidan dalam menurunkan peradangan serta menghambat pertumbuhan jenis sel kanker tertentu.

Namun, manfaat teh chamomile belum bisa menggantikan pengobatan kanker secara medis. Hingga saat ini, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat teh chamomile sebagai obat kanker yang efektif. (Hn.)

Related posts