Meriahkan Perayaan Tahun Baru Islam, Festival Tabut Bengkulu Akan Dilaksanakan Secara Terbuka

Jakarta,GPriority.co.id – Setelah dua tahun ‘libur’ akibat pandemi COVID-19, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu menegaskan bahwa Festival Tabut akan kembali diselenggarakan tahun ini secara terbuka di Lapangan Merdeka Kota Bengkulu pada 29 Juli- 9 Agustus 2022.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, mengatakan hasil dari pembahasan bersama Keluarga Kerukunan Tabut (KKT) Bencoolen, Polres Bengkulu, Pemkot Bengkulu, dan Dinparprov Bengkulu disimpulkan bahwa pelaksanaan Festival Tabut Bengkulu 2022 akan dapat berjalan seperti sebelumnya.

Rohidin kemudian menjanjikan bahwa perayaan Festival Tabut Bengkulu tahun ini akan berlangsung lebih baik karena telah dipersiapkan dan dikelola pihak ketiga yang ditunjuk pemerintah langsung.

“Pelaksanaan akan langsung diorganisir oleh sebuah lembaga event, termasuk pengelolaan bazar. Sehingga tidak diserahkan ke KKT maupun ke kelompok lainnya tapi langsung dikelola melalui pemerintah dan akan kita tunjuk lembaga yang bertanggungjawab,” kata Rohidin dalam pernyataannya usai memimpin rapat pada Jum’at, (15/7/2022).

Selain itu, Festival Tabut Bengkulu juga masuk dalam agenda Kalender Event Nasional (KEN) 2022, program pengembangan destinasi wisata besutan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Nantinya acara ini juga akan dihadiri Sandiaga Uno selaku Menparekraf.

Dengan diselenggarakannya Festival Tabut tahun ini secara terbuka diharapkan mampu meningkatkan sektor perekonomian masyarakat Bengkulu termasuk pelaku UMKM. Meski demikian, masyarakat tetap diminta untuk menerapkan protokol kesehatan agar tidak terjadi lonjakan kasus COVID-19 usai festival diadakan.

Dalam rangkaian acara, akan ada 8 bangunan Tabut Sakral yang ditampilkan serta 16 Tabut Budaya dan juga diramaikan dengan pertunjukan Telong-Telong atau Ikan-Ikan mulai malam ke 7 Muharram. (Hn.Foto: Istimewa)

Related posts