Museum BJ. Habibie di Parepare Segera Beroperasi, Akan Jadi Destinasi Edukasi

JAKARTA, Gpriority — Museum BJ Habibie di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, segera beroperasi. Kepastian itu setelah pihak keluarga Almarhum BJ Habibie siap menyerahkan properti ikonik monumental milik BJ Habibie, Presiden ke-3 RI kepada Pemerintah Kota Parepare

Putra BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie menyatakan pihak keluarga siap menyerahkan properti peninggalan BJ Habibie, seperti penghargaan, tanda jasa, karya-karya, dan ikonik monumental lainnya kepada Pemkot Parepare.

Hal ini diungkap Ilham Habibie saat menerima kehadiran Wali Kota Parepare Dr HM Taufan Pawe dan jajaran Pemkot Parepare di kediamannya, Patra Kuningan, Jakarta, Kamis, 27 Mei 2021.

“Alhamdulillah, Bapak Ilham Habibie sangat merespons hadirnya Museum BJ Habibie di Parepare. Beliau menyatakan, pihak keluarga siap menyerahkan properti-properti milik Bapak BJ Habibie kepada Pemerintah Kota Parepare untuk ditempatkan di museum,” ungkap Wali Kota Taufan Pawe usai bertemu Ilham Habibie.

Taufan Pawe mengemukakan, Ilham Habibie berpesan hadirnya Museum BJ Habibie jangan statis, tapi dinamis. Pemkot Parepare harus berinovasi untuk menghidupkan Museum BJ Habibie agar menjadi destinasi edukasi tidak hanya berskala regional, tapi juga nasional bahkan dunia.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parepare, Arifuddin Idris yang mendampingi Taufan Pawe menambahkan, Ilham Habibie menginginkan Museum BJ Habibie dijadikan pusat edukasi dan teknologi, seperti kegiatan-kegiatan seminar dan edukasi lainnya. “Bahkan Pak Ilham Habibie siap mensupport teknologi animasi hadir di Museum BJ Habibie,” kata Arifuddin.

Museum BJ Habibie dibangun oleh Pemkot Parepare pada 2020 tepat di atas lahan rumah lahir BJ Habibie di Jalan Alwi Abdul Jalil Habibie, berhadapan dengan Pelabuhan Nusantara, Parepare. Itu sesuai permintaan langsung BJ Habibie. Museum dibangun berlantai dua senilai total Rp3,2 miliar, dengan desain megah dan berarsitektur yang berestetika tinggi.

Museum BJ Habibie merupakan satu-satunya Museum Kepresidenan di Indonesia yang dikelola langsung Pemerintah Daerah, yakni Pemkot Parepare. Dan kehadiran museum berikonik BJ Habibie ini adalah satu-satunya di dunia.

Taufan Pawe dalam beberapa kesempatan menegaskan, hadirnya Museum BJ Habibie merupakan simbol penghormatan Pemerintah Kota Parepare terhadap jasa-jasa Bacharuddin Jusuf Habibie semasa hidupnya. (Ae)

Related posts