Olahraga Floorball, Pendatang Baru yang Bakal Digemari

Jakarta, GPriority.co.id – Olahraga floorball atau bola lantai masih sangat asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun siapa sangka, olahraga ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1970an dan eksistensinya makin meningkat di kawasan Asia. Bahkan, menurut laporan International Floorball Federation (IFF), Asia menjadi wilayah dengan perkembangan permainan bola lantai paling cepat di dunia.

Bola lantai merupakan olahraga tim dalam ruangan yang dikembangkan pada tahun 1970-an di Swedia. Bola lantai sangat populer di negara-negara yang telah lama mengembangkan permainan ini, seperti Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Latvia, Norwegia, Swedia dan Swiss. Sistemnya yang dimainkan di dalam ruangan, membuat bola lantai dimainkan sepanjang tahun, baik di level amatir maupun profesional.

Selain di empat negara tersebut, bola lantai memperoleh popularitas di Latvia, Australia, Kanada, Jerman, Jepang, Singapura, Malaysia dan Amerika Serikat. Popularitas bola lantai yang meningkat mendorong didirikannya Federasi Floorball Internasional (IFF).

Di Indonesia, floorball pertama kali masuk pada tahun 2009. Ketika itu olahraga floorball sudah dimainkan hampir 80 negara. Masuknya olahraga bola lantai di Indonesia disebarkan oleh negara – negara tetangga yang sudah terlebih dahulu memainkan floorball, seperti Singapura dan Australia. Masuknya floorball ke Indonesia ditandai pembentukan Pengurus Pusat Asosiasi Floorball Indonesia (PP AFI) pada 28 Oktober 2009.

Bola lantai masuk ke sejumlah sekolah di Indonesia lewat ekstrakurikuler yang bertujuan untuk mengenalkan cabang olahraga ini. AFI juga mulai menjaring pemain potensial melalui kejuaraan nasional dan internasional.

Tahun 2015, acara sosialisasi olahraga floorball digelar di Mataram, NTT. Komunitas bola lantai kemudian terbentuk di Univeritas Mataram. Lalu pada 2016, UNESA menggelar Forum Dekan Indonesia dalam rangka berkomitmen untuk menjadikan floorball sebagai olahraga resmi di seluruh universitas di Indonesia.

Semakin digemari masyarakat dunia, akhirnya olahraga floorball dipertandingkan dalam SEA Games 2019 di Filipina. Di Indonesia, melalui Pengurus Besar (PB) Asosiasi Floorball Indonesia (AFI) telah resmi menjadi salah satu cabor prestasi melalui binaan KONI Pusat. Para pengurus AFI di tiap daerah juga mulai mengembangkan olahraga floorball ini.

Pada tahun 2021 lalu, AFI menyelenggarakan Liga Floorball AFI 2021. liga floorball tersebut hadirkan 7 club floorball kategori putra dan 3 club floorball putri yang mewakili wilayah Jakarta, Banten dan Surabaya. Final Liga Floorball AFI 2021 dimenangkan UNESA floorball club sebagai juara pertama kategori putra, sedangkan kategori putri dimenangkan UNJ floorball club. (Vn)

Related posts