Palangka Raya Banjir Besar, Walkot Ingatkan Warga Tetap Waspada

Palangka Raya,Gpriority- Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah mengalami musibah banjir bandang, dan sejak Senin (15/11/21) menetapkan status tanggap darurat. Warga pun mulai mengungsi ke tempat yang sudah disediakan oleh pemerintah setempat.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga telah memprediksi bahwa hujan akan terjadi hingga bulan Desember dengan intesitas sedang hingga tinggi. Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin meminta kepada seluruh warganya agar selalu siaga dan waspada terhadap kondisi banjir.

“Banjir kali ini merupakan banjir terbesar di Kota Palangka Raya. Untuk itu saya imbau agar warga tetap waspada dan siaga,” katanya usai meninjau posko banjir di Pasar Kahayan.

Fairid menuturkan bahwa kondisi banjir kali ini merupakan banjir terbesar di 25 dekade terakhir. Menurutnya, selain banjir akibat dari intensitas curah hujan yang terjadi cukup tinggi, banjir juga terjadi dikarenakan adanya banjir kiriman. Pemko Palangka Raya juga terus memberikan bantuan kepada korban banjir dan selalu memonitoring kondisi banjir yang terjadi.

“Kami akan terus berkoordinasi mendata dan monitor daerah yang terendam banjir, semoga banjir ini segera surut dan masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa,” ucap Fairid.

Ia juga menekankan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari berbagai jenis penyakit, serta selalu membersihkan drainase agar tidak menghambat saluran air. (Dw.foto.dok.Humas Palangka Raya)

Related posts