Pamer Produk Unggulan di Apeksi City Expo 2024, Kota Tegal Bawa Telor Asin sampai Kerupuk Ikan Fugu

Balikpapan, GPriority.co.id – Kota Tegal memamerkan sejumlah produk unggulan dalam gelaran Indonesia City Expo 2024 di Balikpapan, Kalimantan Timur. Produk unggulan tersebut terdiri dari, makanan hingga kain batik khas Tegal.

Ditemui di boothnya, Analis Industri Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Tegal, Budi Hartono, ST, MM mengatakan tema yang diangkat dalam acara expo kali ini adalah “Kuliner Tegal Bahari”.

Tema tersebut, kata Budi, diambil karena Tegal terkenal karena kuliner yang beragam. Kuliner yang dibawa mulai dari telor asin, kerupuk ikan puguh, rebon udang, lalu makanan seperti nasi lengko, soto tauco sampai sate kambing muda.

“Tegal itu terkenal karena kulinernya, kita ada banyak kuliner dari mulai nasi lengko, sate kambing muda yang sangat melegenda, soto tauco ada makanan telor asin, kerupuk ikan fugu, pilus dan beberapa produk ikm dan umkm Kota Tegal,” kata Budi kepada GPriority, Selasa (4/6).

Selain kuliner, Budi mengatakan Kota Tegal juga mengadirkan produk batik dan sarung dengan motif khas Tegalan.

“Tegal juga punya batik khas tegalan ini motif khas tegalan, ada berbagai corak, juga terkenal dengan sarung goyor, nah ini sarung goyor, alat tenun buat mesin. sarungnya adem bikiin adem,” tuturnya.

Pada kesempatan kali ini, Budi menuturkan Tegal juga menawarkan wisata unggulan bagi masyarakat yang ingi berkunjung ke Kota Bahari itu. Mulai dari wisata Alun-alun, bangunan bersejarah hingga wisata bahari.

“Selain produk, kita juga ingin mengenalkan wisata Kota Tegal. Nah, ini ada beberapa wisata, kaya alun-alun Kota Tegal, ada rumput sintetis, ada bangunan jaman Belanda itu waterleading, walangsatus, pasar pagi itu bangunan kuno yang jadi destinasi kota wisata,” ucapnya.

Untuk diketahui, Indonesia City Expo 2024 merupakan rangkaian acara dari Rakernas ke-17 Apeksi. Acara tersebut berlangsung pada 4-6 Juni 2024 di Balikpapan Sport and Convention Center, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Foto: GPriority