Pameran Produk Kerajinan Terbesar di Asia INACRAFT 2019 Resmi dibuka Esok Hari

Jakarta,Gpriority-Pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara bernama International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2019 kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC).

Pameran yang digelar selama 5 lima hari (24-28 April) diikuti oleh 1.421 peserta dari seluruh pelosok tanah air, yang terdiri dari para pengrajin, pengusaha, produsen, dan eksportir kerajinan. Tahun ini beberapa negara sahabat seperti Maroko, Jepang, Polandia, Pakistan dan Hongkong juga ikut menyemarakkan pameran dengan menampilkan produk kerajinan mereka.

Seperti pada tahun sebelumnya, pameran yang diprakarsai oleh Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (ASEPHI) bekerjasama dengan Mediatama Binakreasi, senantiasa menampilkan secara khusus kerajinan dari daerah tertentu di Indonesia secara bergiliran sebagai ikon utama pameran.

Untuk lNACRAFT ke-21 ini, ASEPHI bersama Mediatama Binakreasi mengangkat kesenian dan kebudayaan serta produk kerajinan unggulan dari Betawi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai ikon pameran dengan tema ”Jakarta Enjoyable Multicultural DIversities’ mendampingi tema sentral ”From Smart Village to Global Market”.

“Alasan pengangkatan Jakarta dikarenakan INACRAFT diselenggarakan di Jakarta,” Emi Noor Wijiati Direktur Mediatama Binakreasi saat jumpa pers yang berlangsung di Kakatua Room, JCC,Senayan,Jakarta pada Selasa (23/4)

Di samping menampilkan produk kerajinan Provinsi DKI Jakarta sebagai main icon dan ambience pameran, pertunjukkan seni budaya juga akan menghiasi acara pembukaan dan program acara selama pameran berlangsung.

Selain itu, seperti tahun-tahun sebelumnya, pada penyelenggaraan lNACRAFT 2019 juga akan diselenggarakan lNACRAFT Award sebagai program unggulannya, dimana produk kerajinan UKM yang dipamerkan akan dinilai oleh 12 orang juri untuk mendapatkan penghargaan paling bergengsi dari Pameran lNACRAFT yang akan dianugerahkan pada tanggal 26 April 2019. Kegiatan Penghargaan bidang kerajinan ini mengadaptasi konsep pemilihan produk unggul dari 7 kategori produk berdasarkan banan baku utama (Keramik, Serat Alam, Kayu, Batu-batuan, Logam, Tekstil dan bahan baku lainnya termasuk recycle) yang dibuat UNESCO dan kemudian diperluas oleh World Craft Council dan istimewanya sejak 2016 ASEPHI telah meningkatkan sisten penilaian dan penjurian dengan konsep digital.

INACRAFT 2019 juga akan menggelar ASEPHI Emerging Award, INACRAFT Best Booth Award, Craft Workshop, Trunk Show dan Seminar dan Craft Forum & Workshop sebagai bagian dari tema utama program ”Bold, Bright & Beautiful lndonesia Jewelry: A Handmade Heritage to Modern Aesthetic” yang menaungi seluruh rangkaian acara selama pameran berlangsung bermanfaat bagi peserta dan memberikan informasi bagi pengunjung dan membangun jejaring dan memperluas bisnis semua stakeholder kerajinan.

Keistimewaan pelaksanaan lNACRAFT pada tahun ini adalah untuk pertama kalinya hadir Paviliun Luar Negeri dari Kerajaan Maroko sebagai Country of Honour. Kehadiran Kerajaan Maroko didukung oleh Maison de I’Artisan Ministry of Tourism, Air Transport, Handicraft and Social Economy Kingdom of Morocco dengan menampilkan produk kerajinan unggulan serta penampilan kesenian dan kebudayaan dari Negara Maroko menunjukkan kesiapan produk kerajinan anggota ASEPHI bersaing dengan produk-produk negara lain.

Panitia mengadakan kegiatan khusus Buyer’s Night Welcome Dinner pada tanggal 24 April 2019, yang akan dihadiri oleh potential buyers, Kantor Perwakilan Indonesia di Luar Negeri, potential exporters dan pelaku kerajinan lainnya.
lNACRAFT 2019 yang rencananya akan diresmikan oleh Presiden Republik lndonesia, Bapak lr. Joko Widodo pada esok hari (24/4) menargetkan 1.300 buyers dan transaksi retail senilai Rp 149 milyar, serta kontrak dagang sebesar USD 13 juta selama 5 hari penyelenggaraannya.

Penyelenggara juga menyediakan fasilitas transportasi bagi pengunjung yang ingin berkunjung pameran melalui layanan shuttle bus di beberapa mal seperti Summarecon Mall Bekasi, Margo City Mall, One Belpark Mall, Kuningan City Mall dan Mall Emporium Pluit serta shuttle yang beroperasi di seputaran Senayan melalui Pintu V GBK.

Penyelenggaraan lNACRAFT tahun ini didukung oleh BNI sebagai sponsor utama dengan penggunaan fasilitas fitur Tapcash sebagai akses masuk pameran dan. ” Dapatkan harga masuk spesial Rp 1.946 untuk 1.000 pengunjung pertama setiap harinya dengan menggunakan tap cash,” tutup Indomora Harahap pemimpin divisi komunikasi pemasaran BNI. (Hs.Foto:Hs)

Related posts

Leave a Comment